Tribun Bisnis

Pentingnya Lingkungan Kerja yang Positif Terhadap Kinerja Karyawan, Coca-Cola Terapkan Hal Ini

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) berkomitmen untuk terus berusaha untuk menciptakan dampak positif di tempat kerja

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pentingnya Lingkungan Kerja yang Positif Terhadap Kinerja Karyawan, Coca-Cola Terapkan Hal Ini
ISTIMEWA
Ilustrasi Karyawan Resign 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Secara umum, perusahaan hanyalah tempat bagi orang-orang mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun di sisi lain, perusahaan juga harus menyediakan lingkungan kerja yang mendukung, agar berdampak baik terhadap kinerja para karyawan.

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) berkomitmen untuk terus berusaha untuk menciptakan dampak positif di tempat kerja.

Di mana semua orang dapat terus bertumbuh dalam lingkungan yang aman, mencapai kesejahteraan fisik dan mental yang baik, serta memiliki kolaborasi positif dengan masyarakat setempat.

Baca juga: Daftarkan Beberapa Merek Dagang, Heineken Ingin Gantikan Eksistensi Coca Cola di Rusia

Direktur Public Affairs, Communications, and Sustainability CCEP untuk Indonesia dan Papua Nugini, Lucia Karina mengungkapkan, pihaknya menjunjung empat pilar utama dalam mewujudkan komitmen kesejahteraan karyawan.

Keempat pilar tersebut yaitu physical wellbeing (kesejahteraan fisik), mental wellbeing (kesejahteraan mental), financial wellbeing (kesejahteraan finansial), dan spiritual wellbeing (kesejahteraan spiritual).

"Intinya kami berusaha mengundang karyawan kami agar menjadikan kantor itu bukan hanya sebagai tempat bekerja, tapi tempat mereka berlindung, tempat bernaung, dan mencari kebahagiaan," ucap Lucia Karina dalam sebuah wawancara eksklusif, (23/9/2022).

"Secara keseluruhan, CCEP memiliki komitmen untuk membangun ruang kerja dimana karyawan merasa dihargai, sejahtera, menerima apresiasi yang sesuai, dapat berkembang dan memiliki keterlibatan yang tinggi antar karyawan," sambungnya.

Lucia menjelaskan, Physical Wellbeing atau kesejahteraan fisik adalah komitmen perusahaan untuk mempromosikan gaya hidup sehat pada karyawan melalui edukasi dan menyediakan fasilitas bagi karyawan.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat, mengurangi risiko penyakit/faktor komorbid, mengurangi cuti sakit, dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Program-program yang dijalankan seperti Online Healthy talk, Online Sports Class, dan Body Fit Challenge.

Kemudian untuk Mental Wellbeing, CCEP ingin menjaga kesehatan mental karyawan dengan menyediakan dukungan dalam berbagai aspek kehidupan karyawan dan mempersiapkan mental karyawan menghadapi cara kerja yang baru (belajar dari pandemi Covid-19).

Tujuan dari komitmen ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental bagi karyawan, meningkatkan semangat pantang mundur karyawan, meningkatkan nilai keterlibatan, dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Untuk Financial Wellbeing, CCEP Indonesia berkomitmen untuk memastikan karyawan merasa aman terhadap masa depan finansialnya melalui pengadaan fasilitas yang membantu karyawan dapat membangun portofolio keuangan untuk masa depan serta saat mengalami kejadian darurat.

Tujuan dari komitmen ini adalah memastikan karyawan dapat mengatur keuangan dengan baik, karyawan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, karyawan merasa yakin akan masa depan finansialnya, dan meningkatkan nilai keterlibatan karyawan.

Dan yang terakhir yakni melalui Spiritual Wellbeing, CCEP Indonesia berkomitmen untuk membantu karyawan dalam meningkatkan kesejahteraan spiritual dengan tujuan membantu meningkatkan penilaian terhadap aksi yang dilakukan, mengurangi kasus fraud, meningkatkan integritas kerja, dan meningkatkan performa perusahaan.

"Para karyawan mengapresiasi atas adanya kegiatan-kegiatan ini. Karena tidak semua perusahaan itu fokus kepada employee wellbeing," ucap Lucia.

"Mereka melihat dengan adanya program yang kita implementasikan secara komprehensif setahun terakhir ini, berdampak pada keseimbangan antara mental dan kesejahteraan bagi seluruh karyawan," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas