Tribun Bisnis

G20 di Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik di Berbagai Destinasi Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik di Berbagai Destinasi Pariwisata
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Situs Gunung Padang di Kampung Gunung Padang, Karyamukti, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif.

Menurutnya, transisi energi mengurangi emisi karbon sesuai dengan tema presidensi G20.

"Kami ingin membantu masyarakat bertransisi dan diberi insentif untuk menggantikan kendaraan yang tadinya berbasis BBM menjadi listrik. Mudah-mudahan ini jadi bagian dari kerja sama kita mewujudkan net zero," kata Sandiaga, Rabu (28/9/2022).

Kemenparekraf, lanjutnya juga menyiapkan program insentif untuk membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melakukan transisi ke kendaraan listrik.

Baca juga: Mahasiswa yang Sedang Berkemah Wisata Agro di Serang Tewas Tersambar Petir

Sandiaga menegaskan Provinsi Bali telah ditetapkan sebagai proyek percontohan penerapan kendaraan listrik berbasis baterai.

Bali ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai pilot project khususnya wilayah Nusa Dua yang menjadi tempat penyelenggaraan G20.

"Program ini kita harapkan dapat memvalidasi net zero kita tahun 2035. Harus dapat mengurangi emisi karbon hingga 50 persen di sektor pariwisata dari 8 persen menjadi 4 persen," ungkapnya.

Sandiaga menambahkan bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, butuh kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak termasuk sektor swasta.

"Pada 2045 target kita ambisi sekali yaitu sektor pariwisata ini akan net zero," kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas