Tribun Bisnis

PGN Subholding Gas Pertamina Dukung Penambahan Pembangunan Jargas di Banyuasin

Menurutnya, PGN akan menyediakan GasKita dengan investasi mandiri untuk rumah tangga dan usaha kecil beserta infrastruktur penunjangnya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in PGN Subholding Gas Pertamina Dukung Penambahan Pembangunan Jargas di Banyuasin
Ilustrasi pembangunan jaringan gas (jargas) PGN
Ist 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hal ini dalam rangka merealisasikan rencana pembangunan jargas ribuan sambungan rumah (SR).

Pejabat Bupati Musi Banyasin H Apriyadi mengatakan penambahan pembangunan jargas sebanyak 2.500 sambungan rumah (SR) di Kabupaten Musi Banyuasin dan 15.000 SR di Kabupaten Banyuasin.

Menurutnya, PGN akan menyediakan GasKita dengan investasi mandiri untuk rumah tangga dan usaha kecil beserta infrastruktur penunjangnya.

Baca juga: PGN Gas In Jargas GasKita di 800 Pelanggan Baru, Dukung Program Tangerang Bersih

“Dalam rangka menghemat pengeluaran masyarakat, Pemkab Muba bekerjasama dengan Dirjen Migas dan PGN untuk terus mengembangkan jargas. Kedepan jargas akan dibangun sebanyak 2.500 SR,” ujar Apriyadi dalam sambutannya, dikutip Kamis (29/9/2022).

Pembangunan jargas di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin ditujukan untuk menjamin ketahanan energi dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi dengan memanfaatkan sumber energi dalam negeri, khususnya gas bumi untuk rumah tangga.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar menuturkan penggunaan gas bumi baik untuk rumah tangga dan usaha kecil dapat digunakan untuk berbagai peralatan gas.

Pemasangannya akan dibantu oleh teknisi bersertifikasi sehingga keamanannya terjamin. PGN juga menyediakan fitur pengamanan yang lengkap.

“Gas bumi merupakan solusi bagi penyediaan energi bagi masyarakat. PGN membutuhkan dukungan dan pendampingan stakeholder, khususnya jajaran pemerintah daerah dalam membangun jargas. Hal ini selaras dengan nawa cita presiden RI,” imbuh Achmad.

Jargas merupakan bagian dari nawacita Presiden Joko Widodo dan Program Strategis Nasional (PSN) yang telah ditargetkan dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Baca juga: Pelanggan Jargas Rumah Tangga dan Gaslink CNG Komersial di Batam Diperluas

Penggunaan jargas yang luas di masyarakat akan dapat membantu mengurangi impor LPG, menghemat APBN, dan meningkatkan pemanfaatan TKDN minimal 45 persen.

“Kepercayaan ini sangat berarti bagi PGN dalam mengakselerasi pemanfaatan gas bumi domestik agar semakin dirasakan masyarakat. Manfaat energi gas bumi yang ekonomis juga akan meningkatkan daya saing dan daya beli masyarakat,” pungkas Achmad.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas