Tribun Bisnis

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, inDriver Fasilitasi Driver Ojol dengan Program JKN dan JKM

Pengemudi akan menerima manfaat jaminan sosial berdasarkan ketentuan JKK dan JKM hanya dengan melakukan pembayaran iuran

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, inDriver Fasilitasi Driver Ojol dengan Program JKN dan JKM
inDriver
Salah satu fitur inDriver adalah penumpang dan pengemudi dapat menegosiasikan harga untuk setiap perjalanan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan aplikasi transportasi online inDriver meneken kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan cabang Rawamangun Jakarta untuk memfasilitasi para driver ojek online dengan perlindungan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM) jika terjadi kecelakaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Penandatanganan kerjasama kedua pihak dilakukan hari ini di inDriver Lounge di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Oktober 2022.

Dini Dwi Santria, Country Driver Acquisition Team Leader inDriver mengatakan, melalui kerjasama ini para mitra driver ojek online inDriver bisa mendaftar program JKN dan JKM kapan saja dan dimana saja melalui formulir khusus yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan inDriver.

Baca juga: TASPEN dan PT POS Bersinergi dalam Pembayaran THT, Pensiun, JKK, dan JKM Serta Lakukan Digitalisasi

Setelah kepesertaan terdaftar, pengemudi akan menerima manfaat jaminan sosial berdasarkan ketentuan JKK dan JKM hanya dengan melakukan pembayaran iuran Rp 16.800 per bulan.

Iuran ini akan dibayarkan secara mandiri oleh pengemudi setiap bulannya dengan harapan tertib administrasi, sehingga jika terjadi resiko kerja proses pencairan manfaat perlindungan akan sangat mudah.

"Program ini dapat diakses oleh seluruh pengemudi inDriver di lebih dari 50 kota di Indonesia," ungkap Dini usai acara penandatanganan kerjasama.

Disebutkan, pada tahap awal, pihaknya memberikan kompensasi dua bulan untuk 1.000 mitra pengemudi.

"Kami berharap ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengemudi yang menggunakan aplikasi inDriver untuk mendapatkan penghasilan dengan tetap mempertahankan pelayanan terbaik kepada pengguna,” ungkap Dini.

Eko Nugriyanto, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya inDriver membantu pengemudi mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pengemudi tetap terlindungi sekaligus berkontribusi dalam upaya memberikan akses jaminan sosial yang bermanfaat dan terjangkau.

Kerjasama inDriver BPJS Ketenagakerjaan
Penyerahan secara simbolis kartu keanggotaan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan oleh manajemen transportasi online inDriver ke salah satu mitra pengemudi di inDriver Lounge di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Oktober 2022.

Mereka masuk dalam kelompok Bukan Penerima Upah di BPJS Ketenagakerjaan. Setelah penandatanganan MoU ini, inDriver dan BPJS Ketenagakerjaan akan intensif melakukan sosialisasi ke kalangan mitra pengemudi demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial.

Sosialisasi juga diberikan menyangkut informasi tengtang besaran iuran, manfaat perlindungan, metode dan proses pembayaran serta manfaat jangka panjang yang akan didapat.

Baca juga: Cara Cek BSU Tahap 4 yang Cair Hari Ini Melalui BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker

Zayn Setiadi, Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta menyatakan respek atas inisiatif inDriver menyediakan program JKK dan JKM ke mitra drivernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas