Tribun Bisnis

Sandiaga Uno: Potensi Sektor Kelautan Dorong Pariwisata Berkelanjutan di Bali

Bali, kata Sandiaga, tidak hanya memiliki potensi keindahan, namun juga potensi laut untuk pariwisata berkelanjutan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sandiaga Uno: Potensi Sektor Kelautan Dorong Pariwisata Berkelanjutan di Bali
istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno saat meluncurkan Kampung Wisata dan Budidaya Lobster "A Lobster Farm" di Pantai Amed. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Bali merupakan garda terdepan untuk transformasi pariwisata di Indonesia.

Bali, kata Sandiaga, tidak hanya memiliki potensi keindahan, namun juga potensi laut untuk pariwisata berkelanjutan.

"Bukan hanya dari sisi keindahannya, namun juga dari potensi laut yang dimilikinya. Ini dapat mendorong terwujudnya pariwisata yang inklusif dan sustainable," ucap Sandiaga melalui keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Maskapai Bertarif Murah TransNusa Mulai Terbangi Rute Jakarta-Bali-Yogyakarta

Hal tersebut diungkapkan oleh Sandiaga saat meluncurkan Kampung Wisata dan Budidaya Lobster "A Lobster Farm" yang diinisiasi oleh Aruna di Pantai Amed.

A Lobster Farm diinisiasi oleh Aruna sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlanjutan ekosistem kelautan dan juga pariwisata, terutama pasca pandemi.

"Saya harap, niat baik Aruna ini dapat semakin menyejahterakan nelayan dan komunitas pesisir, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan, sehingga percepatan pemulihan ekonomi Bali dapat segera terjadi," ujar Sandiaga.

Sementara itu, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna,Utari Octavianty, mengatakan

Inisiasi ini merupakan kolaborasi antar sektor dengan pelaku pariwisata untuk pemulihan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Melalui hal ini, Utari mengatakan Aruna berupaya memberdayakan nelayan serta masyarakat pesisir.

"Inisiasi terbaru Aruna ini merupakan implementasi perdana konsep sustainable tourism yang diwujudkan melalui pengalaman diving," tutur Utari.

Utari mengatakan Aruna berupaya menghadirkan produk hasil perikanan yang berkualitas dan bernilai tambah bagi wisatawan, sekaligus masyarakat pesisir setempat.

Baca juga: Sandiaga Uno: Maskapai Internasional Layani Penerbangan ke Bali Setiap Hari Mulai November 2022

"Di Amed, Aruna juga mulai mendirikan Aruna Visit Center sebagai tempat showcase produk seafood Aruna, serta restoran di mana pengunjung dapat mencicipi menu-menu seafood segar Aruna," jelas Utari.

Keunikan dari A Lobster Farm mengusung pendekatan sustainable tourism yang memadukan konsep edukasi dan pengalaman menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

"Aruna ingin terus memperluas cakupan fungsi dari A Lobster Farm ini,
Dengan demikian, edukasi dan pengalaman yang menarik dapat semakin dibagikan kepada lebih banyak orang," ucap Utari

Peluncuran ini dihadiri oleh Hengky Manurung; Deputi Bidang Industri dan Investasi di Kemenparekraf RI, I Made Sudarsana; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, I Wayan Astika; Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem.

Lalu Dian Lestari; Co-Founder dan Director "A Lobster Farm", serta Utari Octavianty; Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna.

Harapannya, “A Lobster Farm” dapat berkontribusi bersama pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia khususnya untuk sektor pariwisata.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas