Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gelar Kalikan Expo 2022 di JI-Expo, Menteri Trenggono: Bantu Pemulihan Ekonomi

Kalikan Expo 2022 ini, turut dihadiri oleh Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki dan CEO Kalikan.id, Dian Rachmawan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gelar Kalikan Expo 2022 di JI-Expo, Menteri Trenggono: Bantu Pemulihan Ekonomi
Nitis Hawaroh
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat membuka pameran Kalikan Expo 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jum'at (14/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono resmi membuka gelaran Kalikan Expo 2022 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jum'at (14/10/2022).

Pembukaan pameran Kalikan Expo 2022 ini, turut dihadiri oleh Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki dan CEO Kalikan.id, Dian Rachmawan.

Menurut Trenggono, pameran yang diikuti oleh 180 UMKM ini, bakal membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia, ditengah situasi ekonomi global yang menunjukkan penurunan.

"Saya berdua diskusi dengan Menteri Kooperasi dan UKM, saya mencoba mencari apa yang memicu pertumbuhan di kita, ternyata kontribusi paling besar untuk menuju pertumbuhan itu di UMKM seperti dengan Kalikan," kata Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, Jum'at (14/10/2022).

Baca juga: Menko Perekonomian Ungkap Tantangan Ekonomi Indonesia, Airlangga Hartarto: Hati-hati Krisis 5 C

Trenggono mengatakan, nilai ekspor ikan hias di Indonesia, tahun 2017 sebesar 27,6 juta dolar Amerika Serikat. Jumlah itu meningkat di tahun 2021 menjadi 34,5 juta dolar Amerika Serikat.

"Dan ini pertumbuhannya sekitar 6,11 persen. Itu baru dari sisi ikan, padahal turunannya sangat besar sekali. Besaran pasarnya itu sekitar 300-400 juta dolar Amerika Serikat kira-kira Rp 600 triliun. Itu ikan saja," tutur dia.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Kalikan.id, Dian Rachmawan menyampaikan, pameran ini merupakan kali pertama yang dibuat oleh Kalikan.id. Pameran ini mengusung perluasan program ekonomi biru.

"Konsep ekonomi biru. Biasanya domain nya ikan konsumsi, air laut, karena mempunyai kepentingan ekonomi kelanjutan, konservasi dan ekologis. Namun startup kami memperluas ekonomi biru. Kami perluas bukan di domain tangkap, tapi di pelihara," kata Dian.

Dian menambahkan, melalui pameran ini diharapkan dapat membranding Kalikan.id sebagai eksportir ikan hias terbesar di Indonesia.

Untuk diketahui, pameran Kalikan Expo 2022 berlangsung selama tiga hari. Mulai tanggal 14 Oktober hingga 16 Oktober 2022. Sementara, harga tiket masuk Rp 20 ribu per orang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas