Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lanjutkan Revitalisasi, BP2P Jawa 1 PUPR Siap Serahkan 20 Unit Rusun Polri

Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet menyatakan saat ini masih ada kesenjangan antara ketersediaan bangunan atau rusun dengan jumlah personil Polri.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Lanjutkan Revitalisasi, BP2P Jawa 1 PUPR Siap Serahkan 20 Unit Rusun Polri
ist
Rapat Koordinasi Percepatan Serah Terima Rumah Susun (Rusun) Polri di BP2P Jawa 1 PUPR di Jakarta, Selasa (11/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga saat ini masih terjadi kesenjangan antara ketersediaan unit hunian dengan kebutuhan rumah susun (rusun) oleh personil Polri di berbagai daerah.

Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui satuan kerja Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa 1 (BP2P) Jawa 1 akan mempercepat revitalisasi bangunan rusun Polri di berbagai daerah agar bisa digunakan oleh anggota kepolisian yang membtuhkan.

Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet menyatakan saat ini masih ada kesenjangan antara ketersediaan bangunan atau rusun dengan jumlah personil Polri.

Baca juga: Menteri PUPR soal Stadion Kanjuruhan: Tak Ada Pintu Darurat, Pagar Pembatas Penonton Mudah Dilompati

“Sehubungan dengan Surat Aslog Kapolri RI, BP2P Jawa 1 akan segera melakukan lelang dini terhadap tower yang akan direvitalisasi dan direncanakan pelaksanaan pekerjaannya akanmulai tahun 2023. Kami juga akan menyiapkan berita acara serah terima meubelair,” ujar Firsta dalam keterangan pers tertulisnya yang dikutip Jumat 14 Oktober 2022.

Terkait dengan ini, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR telah menggelar Rapat Percepatan Serah Terima Rumah Susun (Rusun) Polri yang tercatat di BP2P Jawa 1 di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Rapat ini untuk merespon surat permintaan oleh Asisten Kepala Kepolisian RI Bidang Logistik mengenai Revitalisasi Bangunan Rumah Susun Polri di Jajaran Satker Polri oleh BP2P Jawa 1, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

BERITA TERKAIT

Rapat juga membahas tentang percepatan serah terima 27 Rumah Susun dari Kementerian PUPR ke Polri. Rapat menyepakati ada 20 rusun yang sudah dibangun dari 2009 sampai tahun 2018 dan telah memenuhi syarat akan dilanjutkan proses serah terimanya.

BP2P Jawa 1 berharap serah terima akan tetap berlangsung beriringan dengan bangunan yang akan direvitalisasi. Selain itu, juga akan dilakukan pemeriksaan bersama terhadap 7 rusun untuk diusulkan dalam kegiatan Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi dan Rehabilitasi di tahun 2023.

Hal ini untuk melihat kelayakan rusun untuk tetap ditempati oleh anggota Polri. Rusun Polri saat ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: BPJT Kementerian PUPR Akan Umumkan Kenaikan Tarif Jalan Tol, Ruas Mana Saja?

Brigjen Pol M. Nor Didik Andiono, Karo Faskon Asisten LogistikKapolri, mengatakan Polri akan segera menindaklanjuti hasil rapat tersebut dan berharap ke depannya akan terus menjalin komunikasi dan koordinasi secara kontinyu.

Rapat bersama BP2P Jawa 1 juga dihadiri Kabag Invent Birofaskon Slog Polri Kombes Arri Vaviriyanto, Kabag Keuangan PBMN dan Barang Persediaan Bencana Alam Ditjen Perumahan Sumadiyono, Kasubag Hapus Birofaskon Slog Polri AKBP Iga Sutawijaya dan Kepala Sub Direktorat Wilayah III Direktorat Rumah Susun Mochamad Mulya Permana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas