Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

The Fed Kerek Suku Bunga Acuan Sebesar 75 Basis Poin ke Level 4 Persen, Tertinggi Sejak 2008

The Fed menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendek sebesar 0,75 poin persentase ke kisaran target 3,75 persen - 4 persen.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in The Fed Kerek Suku Bunga Acuan Sebesar 75 Basis Poin ke Level 4 Persen, Tertinggi Sejak 2008
Financial Times
Ilustrasi The Fed. Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) menyetujui kenaikan suku bunga tiga perempat poin untuk keempat kalinya berturut-turut pada Rabu (2/11/2022). The Fed juga mengisyaratkan perubahan potensial dalam pendekatan kebijakan moneter untuk meredam inflasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) menyetujui kenaikan suku bunga tiga perempat poin untuk keempat kalinya berturut-turut pada Rabu (2/11/2022).

The Fed juga mengisyaratkan perubahan potensial dalam pendekatan kebijakan moneter untuk meredam inflasi.

Melansir dari CNBC, The Fed menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendek sebesar 0,75 poin persentase ke kisaran target 3,75 persen - 4 persen, menuju ke level tertinggi sejak januari 2008.




Langkah tersebut melanjutkan pengetatan kebijakan moneter paling agresif sejak awal 1980-an, ketika terakhir kali level inflasi setinggi saat ini.

Baca juga: Suku Bunga Acuan The Fed Kembali Naik, Bagaimana Pergerakan IHSG? Ini Prediksi Analis

Seiring dengan tumbuhnya antisipasi terhadap kenaikan suku bunga, pasar keuangan juga memperkirakan langkah ini bisa menjadi kenaikan 75 basis poin terakhir.

Ketika membicarakan kenaikan suku bunga di masa depan, The Fed mengungkapkan “akan memperhitungkan pengetatan kumulatif kebijakan moneter, kelambatan yang mempengaruhi kebijakan moneter kegiatan ekonomi dan inflasi, dan perkembangan ekonomi dan keuangan.”

Para ekonom berharap penurunan dalam kebijakan yang dimaksud akan membawa kenaikan suku bunga setengah poin pada pertemuan Desember dan beberapa kenaikan kecil di 2023.

BERITA TERKAIT

Bursa saham awalnya naik setelah pengumuman kenaikan suku bunga The Fed, namun berubah negatif selama konferensi pers Gubernur The Fed Jerome Powell.

Pergerakan saham ke zona negatif terjadi karena pasar keuangan mencoba mengukur apakah The Fed akan menerapkan kebijakan yang tidak terlalu ketat, yang akan mencakup laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat untuk memerangi inflasi.

Powell menolak gagasan bahwa The Fed kemungkinan akan segera berhenti memperketat kebijakan, meskipun dia mengharapkan diskusi pada satu atau dua pertemuan berikutnya membahas mengenai perlambatan laju pengetatan.

Gubernur The Fed juga menegaskan diperlukannya tekad dan kesabaran untuk menurunkan inflasi.

“Kami masih memiliki beberapa cara untuk pergi dan data yang masuk sejak pertemuan terakhir kami menunjukkan bahwa tingkat suku bunga tertinggi akan lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya,” katanya.

Namun Powell mengulangi gagasan yang menyatakan mungkin akan tiba saatnya untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga. Dia mengatakan hal ini pada konferensi pers baru-baru ini.

“Jadi waktu itu akan datang, dan mungkin akan datang segera setelah pertemuan berikutnya atau setelah itu. Belum ada keputusan yang diambil,” ungkap Powell.

Baca juga: The Fed Diprediksi Naikkan Suku Bunga Acuan Hingga 5 Persen pada Maret 2023

Jerome Powell juga mengungkapkan beberapa pesimisme mengenai kondisi di masa depan.

Dia mencatat, bahwa saat ini dia mengharapkan "terminal rate", atau titik ketika The Fed berhenti menaikkan suku bunga, menjadi lebih tinggi daripada saat pertemuan September.

Dengan suku bunga yang lebih tinggi juga memunculkan prospek bahwa The Fed tidak dapat mencapai "soft landing" yang telah dibicarakan Powell di beberapa waktu sebelumnya.

“Kebijakan perlu lebih ketat, dan itu mempersempit jalan menuju soft landing,” kata Powell.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas