Tribun Bisnis

SIG dan Bina Marga Kerja Sama Terapkan Konstruksi Berkelanjutan di Jakarta

Dalam kontrak kerja sama ini, PLP akan berperan sebagai penyedia jasa konstruksi solusi StilCrete untuk Bina Marga.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in SIG dan Bina Marga Kerja Sama Terapkan Konstruksi Berkelanjutan di Jakarta
dok. SIG
SIG melalui unit usahanya PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP) bekerja sama dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bidang Jalan dan Jembatan. Kerja sama ini untuk kegiatan pembangunan atau peningkatan jalan-jalan strategis di Provinsi DKI Jakarta dengan penggunaan solusi StilCrete. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPT Semen Indonesia (SIG) melalui unit usahanya PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP) menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bidang Jalan dan Jembatan dalam pembangunan atau peningkatan jalan-jalan strategis di Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan solusi StilCrete

Direktur PLP Widodo Ariawan mengatakan, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta memiliki semangat yang sama dengan SIG, yaitu turut menciptakan kondisi kehidupan lebih baik dan mengambil bagian dalam membangun kondisi kehidupan yang berkelanjutan. 

Kedua pihak juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs 2030) yang dicanangkan pemerintah.

"Ini akan menjadi percontohan bagi semua pihak untuk menerapkan konstruksi berkelanjutan. Khususnya, StilCrete menggunakan semen yang ramah lingkungan namun mempunyai durabilitas tinggi sehingga meningkatkan umur dari konstruksi jalan atau jembatan di Provinsi DKI Jakarta," ujar Widodo dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022). 

Dalam kontrak kerja sama ini, PLP akan berperan sebagai penyedia jasa konstruksi solusi StilCrete, mulai dari manajemen lalu lintas penutupan lajur jalan, pekerjaan pembongkaran jalan eksisting, pembuangan hasil bongkaran.

Kemudian, pengecoran, hingga pekerjaan selesai dan jalan siap digunakan serta dilewati kendaraan kembali. Pekerjaan akan dimulai di malam hari dan jalan dibuka kembali keesokan harinya.

Proyek peningkatan infrastruktur ini akan meningkatkan kapasitas jalan seluas 1.700 m2 di area yang sering tergenang air laut akibat banjir rob, yang menyebabkan beton berpotensi mengalami penurunan performa dan korosif pada pembesian yang ada di dalamnya. 

Baca juga: SIG Kenalkan Beton Ramah Lingkungan untuk Penataan Trotoar Kota

StilCrete adalah solusi untuk permasalahan yang muncul pada pekerjaan struktur beton di wilayah dengan kandungan sulfat dan klorit yang tinggi, yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada struktur beton dan korosif pada tulangan besi. 

Baca juga: SIG dan Pelindo Sepakati Kerjasama Penguatan Operasional dan Pengembangan Usaha

Hal ini menyebabkan performa beton tidak mampu menahan dan melindungi tulangan serta beton itu sendiri, sehingga aplikasi StilCrete pada infrastruktur atau bangunan yang bersinggungan langsung dengan air laut sangat cocok.

Besi di dalam struktur bangunan tersebut akan aman dari penetrasi sulfat dan klorida yang dapat menimbulkan korosif.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas