Tribun Bisnis

Dana Subsidi KUR 2023 Melonjak Jadi Rp 450 Triliun, Pinjaman di Bawah Rp 10 Juta Bunga 3 Persen

Anggaran tersebut meningkat dari dana KUR dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tahun 2022 yang hanya Rp 373,17 triliun.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dana Subsidi KUR 2023 Melonjak Jadi Rp 450 Triliun, Pinjaman di Bawah Rp 10 Juta Bunga 3 Persen
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 

TRIBUNNEWS.COM -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan anggaran subsidi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada 2023 mendatang akan meningkat signifikan.

Airlangga Hartarto menyebut dana KUR pada tahun depan telah disetujui pemerintah sebesar Rp Rp 450 triliun.

Anggaran tersebut meningkat dari dana KUR dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tahun 2022 yang hanya Rp 373,17 triliun.

“KUR tahun depan kita naikan dari Rp 370 triliun menjadi Rp 450 triliun,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menutup Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2022, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Subsidi Ditambah, Petani Kian Mudah Dapat KUR

Menurutnya pemerintah telah menyampaikan sejumlah penyesuaian terhadap kebijakan KUR bagi debitur yang selama pandemi Covid-19 telah di relaksasi. Ini dilakukan mengingat perekonomian domestik yang kian membaik.

Selain itu, pemerintah juga melanjutkan subsidi bunga KUR di tahun depan. Untuk kredit KUR super mikro dengan pinjaman di bawah Rp 10 juta, bunganya hanya 3 persen.

Sedangkan untuk KUR dengan pinjaman Rp 10 juta hingga Rp 500 juta, suku bunganya 6%.

“Suku bunga untuk super mikro yang di bawah Rp 10 juta itu 3%, (dan pinjaman) Rp 10 juta - Rp 500 juta akan dapat bunga 6%,” jelasnya.

Akan tetapi, mulai tahun depan pemerintah mulai akan mengurangi subsidi bunga KUR, yakni dengan meningkatkan suku bunga acuan untuk pinjaman kedua dan ketiga.

Pada pinjaman pertama bunga yang ditetapkan sebesar 6%, jika debitur kembali mengajukan pinjaman, maka suku bunganya naik menjadi 7%.

Kemudian, apabila debitur tersebut masih membutuhkan pinjaman, maka suku bunganya naik lagi menjadi 8%.

Meski begitu, dia menegaskan walaupun bunganya naik, pemerintah tetap memberikan subsidi bunga KUR.

Baca juga: Penyaluran KUR Sektor Pertanian Lampaui Target Tembus Rp 90,8 Triliun

Erik Thohir Beri NIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan Nomor Izin Berusaha (NIB) bagi UMKM perseorangan di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (1/12/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas