Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kaleidoskop 2022: Lika-liku Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Beroperasi pada Juni 2023

Kereta cepat Jakarta-Bandung ketika rampung, dapat mengurangi kemacetan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kaleidoskop 2022: Lika-liku Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Beroperasi pada Juni 2023
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sedang memastikan rel, sistem kelistrikan dan sistem pendukung lainnya dalam kondisi prima jelang uji dinamis tidak jauh dari Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (14/11/2022). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menampilkan uji dinamis KCJB di gelaran G20 Showcase pada 16 November 2022, yang akan disaksikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping melalui telekonferensi. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Target pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tinggal tersisa enam bulan dari yang diumumkan Presiden Jokowi, yaitu Juni 2023.

Menjelang pengoperasiannya, selama 2022 ini KCJB telah melewati berbagai hal. Kurang lebih setahun ke belakang ini banyak sorotan yang datang dari proyek kereta cepat ini.

Seperti pada Januari 2022 ketika Jokowi mengatakan proses KCJB telah mencapai 79,9 persen. Ia berharap kelak ketika rampung, dapat mengurangi kemacetan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Baca juga: Nasib KA Argo Parahyangan Jika Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Beroperasi

Pada bulan yang sama, Presiden Direktur KCJB Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan pelaksanaan uji coba KCJB akan diusulkan jadi bagian dari KTT G20, November 2022.

Balik Modal Setelah 40 Tahun

Sembilan bulan sebelum uji coba, Dwiyana menyebut hasil feasibility studi tarif KCJB memperkirakan tarif yang akan dikenakan kepada penumpang berkisar antara Rp 150 ribu dan tertinggi Rp 350 ribu per orang.

BERITA REKOMENDASI

"Tarif berkisar Rp 150 hingga Rp 350 ribu, sesuai hasil study demand forecast POLAR UI," ujar Dwiyana saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Senin (7/2/2022).

Nantinya kereta cepat juga akan dibagi menjadi tiga kelas yakni kelas VIP, first class dan second class. Kapasitas satu kereta ada 601 tempat duduk.

Kata Dwi dengan besaran tarif tersebut diperkirakan balik modal baru terealisasi setelah 40 tahun.

Jumlah penumpang yang bakal menggunakan jasa kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan 31.215 orang.

Girder Box Picu Kemacetan

Pada Juni 2022, beredar informasi terkait pemasangan girder box KCJB di Jembatan Antelope, Curug, Bekasi menghambat arus lalu lintas

Dalam video yang ramai diperbincangkan warganet memperlihatkan para pengendara motor harus menundukan kepalanya untuk menghindari benturan dengan atap box girder yang telah terpasang.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas