Tribun Bisnis

Kaleidoskop 2022

Kinerja Ekonomi Indonesia Tumbuh di Atas 5 Persen Secara Beruntun, Inflasi Melonjak Gara-gara BBM

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sukses mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dalam 3 kuartal secara berturut-turut

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kinerja Ekonomi Indonesia Tumbuh di Atas 5 Persen Secara Beruntun, Inflasi Melonjak Gara-gara BBM
Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi. Perekonomian Indonesia di sepanjang 2022 tercatat mengalami kinerja yang cukup positif, di tengah pemulihan pasca pandemi Covid-19 dan munculnya berbagai permasalahan ketidakpastian global. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perekonomian Indonesia di sepanjang 2022 tercatat mengalami kinerja yang cukup positif, di tengah pemulihan pasca pandemi Covid-19 dan munculnya berbagai permasalahan ketidakpastian global.

Masalah-masalah ini muncul imbas adanya konflik geopolitik yang terjadi di Eropa, tepatnya perang  Rusia dan Ukraina. Konflik yang hingga kini belum usai, memunculkan dampak terhadap global.

Utamanya mengganggu rantai pasok komoditas penting seperti pangan dan energi, dan pada akhirnya membuat tingkat inflasi di sejumlah negara mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca juga: Terdampak Inflasi, PepsiCo akan PHK Ratusan Karyawannya di Amerika Utara

Yang pada akhirnya, pertumbuhan ekonomi global turut tertekan, dan terancam resesi.

Dalam hal ini, Indonesia juga mengalami dampaknya. Meski demikian, kinerja ekonomi Indonesia nyatanya tidak terdampak terlalu signifikan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia sukses mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dalam 3 kuartal secara berturut-turut.

Pada kuartal I-2022, tumbuh sebesar 5,01 persen secara year on year (yoy). Kemudian pada kuartal II-2022, pertumbuhan tercatat 5,44 persen (yoy), dan pada kuartal III-2022 berada di angka 5,72 persen (yoy).

Bahkan, tren pertumbuhan di atas 5 persen diprediksi kembali akan terjadi pada kuartal IV-2022.

Bank Indonesia alias BI mengungkapkan, kinerja ekonomi domestik utamanya didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor yang tetap kuat, serta meningkatnya permintaan domestik dari kenaikan konsumsi dan investasi.

BI memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 4,7 hingga 5,5 persen.

Inflasi Merangkak Naik di 2022

Sementara untuk catatan inflasi indeks harga konsumen (IHK), terpantau mengalami peningkatan di sepanjang 2022.

Pada Januari 2022, inflasi tercatat sebesar 2,18 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (year on year/yoy).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas