Tribun Bisnis

Badai PHK

Daftar Terbaru 10 Perusahaan Diterpa Badai PHK: Sayurbox, Adobe hingga BuzzFeed

Beberapa perusahaan telah mengumumkan PHK dalam beberapa bulan terakhir, setelah gagal mengantisipasi potensi resesi di tahun depan.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Daftar Terbaru 10 Perusahaan Diterpa Badai PHK: Sayurbox, Adobe hingga BuzzFeed
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) belum juga surut menjelang akhir tahun ini. Beberapa perusahaan telah mengumumkan PHK dalam beberapa bulan terakhir, setelah gagal mengantisipasi potensi resesi di tahun depan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) belum juga surut menjelang akhir tahun ini.

Beberapa perusahaan telah mengumumkan PHK dalam beberapa bulan terakhir, setelah gagal mengantisipasi potensi resesi di tahun depan.

Perusahaan perangkat lunak Adobe Inc bergabung dalam gelombang PHK terbaru, dengan memecat 100 karyawan di divisi penjualan pada Rabu (7/12/2022).

Baca juga: CEO Wafat, Bursa Kripto Amber Bangkrut: Putus Kerjasama Sponsorship hingga PHK Staf

Tidak hanya sektor teknologi yang dihantam badai PHK, perbankan investasi seperti Morgan Stanley hingga perusahaan media juga memecat tenaga kerjanya di tengah gejolak ekonomi global.

Berikut ini daftar terbaru 10 perusahaan yang melakukan PHK terhadap tenaga kerjanya :

1. Adobe Inc PHK 100 Karyawan

PHK di Adobe Inc terjadi setelah perusahaan yang berbasis di San Jose, California ini mengguyurkan dana senilai 20 miliar dolar AS untuk mengakuisisi Figma, startup pesaing yang bergerak di bidang desain pada September.

Dalam press rilisnya, Adobe mengungkap pemecatan ini dilakukan perusahaan untuk menekan lonjakan biaya pengeluaran selama berlangsungnya kondisi makroekonomi pasar global akibat terdampak kenaikan inflasi dunia.

Guna mengurangi bertambahnya angka pengangguran di AS, Adobe akan memberlakukan langkah alternatif dengan menerapkan perpindahan jabatan. Melalui langkah ini, beberapa karyawan yang terpilih akan ditarik kembali dan dipindahkan ke sejumlah posisi di divisi lainnya.

"Adobe tidak melakukan PHK di seluruh divisi perusahaan dan kami masih an kami masih membuka lowongan untuk peran-peran penting," jelas Adobe, yang dikutip dari Tribunnews.

Didirikan pada Desember 1982 oleh John Warnock dan Charles Geschke, Adobe merupakan salah satu aplikasi desain virtual yang paling laris diburu pasar lantaran memiliki beberapa produk desain terlengkap diantaranya seperti Adobe Photoshop, Portable Document Format (PDF) dan Adobe Creative Suite.

2. GameStop PHK Staf Pengembang Dompet Kripto

Perusahaan ritel video game GameStop dilaporkan melakukan PHK ke beberapa karyawan, termasuk ke staf yang mengembangkan dompet blockchain pertamanya.

Menurut postingan seorang insinyur perangkat lunak utama GameStop, Daniel Williams di akun LinkedIn-nya dia menyebut beberapa karyawan dari tim produk dan insinyur e-commerce telah diberhentikan dari perusahaan.

Baca juga: Startup Pengiriman Makanan Swiggy PHK 250 Karyawan

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas