Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

FL Technics Serap SDM Lokal di Bisnis Perawatan Pesawat

FL Technics kini telah mengekspansi Indonesia dengan membuka hanggar di Jakarta dan Bali.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Choirul Arifin
zoom-in FL Technics Serap SDM Lokal di Bisnis Perawatan Pesawat
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Presiden Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, LITHUANIA - Perusahaan jasa maintenance repair & overhaul (MRO) asal

Lithuania FL Technics tak hanya membuka investasi besar-besaran di Indonesia. Akan tetapi, mereka juga memberdayakan pekerja lokal di tanah air.

FL Technics kini telah mengekspansi Indonesia dengan membuka hanggar di Jakarta dan Bali. Adapun nilai investasi yang dikucurkan mencapai 40 juta dollar AS atau Rp 625 miliar.

Presiden Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas mengatakan bahwa pihaknya turut mendorong perekonomian Indonesia dengan menyerap ratusan pekerja lokal di tanah air. Hal itu dibuktikan dengan hanya 15 orang tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia.

"Kita punya 300 pekerja di FL Technics Indonesia Jakarta dan kalau kita buka di Bali maka total menjadi 700 orang. Dan di Jakarta hanya ada 4 orang luar Indonesia. Jadi, kalau kami buka di Bali mungkin hanya akan bertambah menjadi 15 orang asing saja. Tapi, sisanya merupakan lokal. Kita menyerap banyak pekerja lokal," kata Martynas saat ditemui dalam acara Avia Solution Group Annual Meeting di Vilnius, Lithuania pada Jumat (9/12/2022).

Martynas mengungkapkan bahwa pekerja asal Indonesia disebut memiliki kemampuan yang di luar ekspektasi. Karena itu, Indonesia kerap mencetak banyak teknisi handal yang kemudian diserap oleh perusahaan internasional.

BERITA REKOMENDASI

"Saya senang dan tidak menyangka bahwa pekerja Indonesia memiliki kemampuan yang baik, cepat belajar dan mudah beradaptasi. Jadi, Indonesia juga memproduksi banyak teknisi penerbangan setiap tahunnya. Bagi kami, lingkungan yang sangat baik," ungkapnya.

Baca juga: Melihat Hanggar Milik FL Technics di Kaunas Lithuania, Bisa Tampung 4 Pesawat Airbus Hingga Boeing

Namun begitu, Martynas menyatakan bahwa FL Technics tentunya memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada pekerja Indonesia agar bisa berkembang. Namun sejauh ini, dia melihat pekerja Indonesia tergolong cepat saat diberikan pelatihan.

"Tapi tentu pengalaman bisnis yang kita punya akan diimplementasikan, teknologi maupun pengetahuan yang lainnya di pekerja lokal. Kalau bagi saya, saya sudah ada 7 tahun tinggal di Indonesia dan saya beradaptasi banyak dengan Indonesia," jelasnya.

Baca juga: FL Technics Bakal Kucurkan 25 Juta Dollar AS Untuk Bangun Hanggar Baru di Bali

Martynas mengatakan, pihaknya juga telah menandatangani kontrak kerjasama dengan 10 kampus di Indonesia. Tujuannya, perseroan dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia bergabung dalam perusahaanya.

"Kami telah menandatangani kontrak dengan 10 kampus di Indonesia. Jadi kita tandatangani kontrak, kita berikan pelatihan dan memilih yang terbaik untuk bergabung dengan perusahaan kami," pungkasnya.


Sebagai informasi, Perusahaan jasa MRO asal Lithuania, FL Technics telah mengekspansi Indonesia seiring dengan pertumbuhan bisnis dan memperluas target pasar. FL Technics mulai beroperasi di Indonesia dengan nama PT Avia Technics Dirgantara pada 2015.

Baca juga: FL Technics Indonesia Lakukan Perawatan dan Perbaikan Airbus A320neo

FL Technics Indonesia mengelola hanggar di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Tak butuh waktu lama, FL Technics Indonesia mulai menarik perhatian maskapai dalam maupun luar negeri untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pesawat di dekat Terminal 2 bandara tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas