Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cerita Verra Victoria Ekspor Puluhan Ton Kopi ke Eropa dengan Berdayakan Wanita Tani Jateng

Verra Victoria mengatakan pihaknya mendapatkan permintaan ekspor kopi Robusta sebanyak 90 ton yang bisa dipenuhi hingga akhir tahun.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Cerita Verra Victoria Ekspor Puluhan Ton Kopi ke Eropa dengan Berdayakan Wanita Tani Jateng
ist
CEO PT Bima Tikhe Berkat Verra Victoria 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil bumi Indonesia yaitu biji Kopi Robusta asal Temanggung telah diekspor ke Eropa.

Acara seremoni pelepasan ekspor 4 kontainer dilakukan beberapa waktu lalu.

CEO PT Bima Tikhe Berkat Verra Victoria mengatakan pihaknya mendapatkan permintaan ekspor kopi Robusta sebanyak 90 ton yang bisa dipenuhi hingga akhir tahun.

Eksportir muda ini  menjelaskan bahwa tidak mudah untuk mencari sumber kopi robusta dalam jumlah yang cukup besar di akhir tahun.

Baca juga: Dari Kopi hingga Tradisi, Tribun Toraja Siap Berkisah dari Toraja

"Akan tetapi dengan jaringan dan network yang cukup baik selama ini dengan Kelompok Tani di wilayah Jateng tepatnya di Temanggung, akhirnya hal ini bisa terlaksana," ujar dia dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022).

Dia menceritakan saat dirinya mendapatkan order ini dari importir Belanda atas referensi dari sebuah program pemerintah dimana dia  salah satu pesertanya yaitu Export Coach Program 2022 (ECP) Kementerian Perdagangan.

"Sehingga hal ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung program pemerintah untuk peningkatan ekspor hasil pertanian Indonesia dan pemasukan devisa negara," jelas wanita yang aktif melakukan pelatihan-pelatihan secara gratis di masyarakat ini.

BERITA TERKAIT

Verra Victoria menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi saat di lapangan diantaranya mengenai bagaimana proses memenuhi permintaan buyer yang tidak mudah, disaat akhir tahun stock sudah mulai menipis, dan proses kontrol sortir biji kopi juga harus diawasi agar sesuai dengan permintaan dari buyer, yang mana dalam hal ini adalah importir dari Belanda.

"Kita memberdayakan para wanita tani dan juga masyarakat sekitar pada saat proses pemenuhan order berlangsung, seperti proses sortir kita membuka lapangan pekerjaan bagi para pekerja wanita yang bertempat tinggal di sekitar desa tersebut," ujarnya.

"Seperti visi perusahaan kami "Blessing The World", memberkati dan diberkati," jelasnya.

Baca juga: Kiprah Evani Jesslyn, Mengkurasi Ragam Kopi Nusantara Mendirikan Sekolah Barista hingga Kafe

Verra Victoria berkomitmen untuk melakukan strategi bisnis yang berkesinambungan baik dari hulu sampai ke hilir.

Dia menegaskan bahwa para petani dan masyarakat harus ikut serta merasakan kesejahteraan atas transaksi bisnis yang dilakukan para pelaku ekspor.

Permasalahan akan selalu ada di dalam proses bisnis baik dalam mekakukan "deal" dengan importir maupun saat proses pelaksanaan di lapangan.

"Akan tetapi saya tidak mudah menyerah karena tanggung jawab, kejujuran dan integritas terhadap Negara adalah hal yang utama," katanya.

Verra Victoria pernah menjadi salah satu delegasi yang pernah berkunjung bersama Presiden Joko Widodo ke Timur Tengah di tahun 2016 untuk mempromosikan kopi Indonesia.

Baca juga: Desa Wisata, Kopi dan Diaspora Toraja Tandai Launching TribunToraja.com, Portal Ke-68 Tribun Network

Sebagai ekspotir muda, dia ingin mempromosikan dan menjual tak hanya kopi Indonesia yang terkenal nikmat dan unggul di seluruh penjuru dunia tetapi juga produk hasil pertanian dari tangan para petani Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas