Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hadapi Cuaca Ekstrem, PLN Kerahkan 4.910 Personel Amankan Sistem Kelistrikan Jakarta Raya dan Banten

PLN menyiagakan 89 posko yang beroperasi penuh di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama 24 jam.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Hadapi Cuaca Ekstrem, PLN Kerahkan 4.910 Personel Amankan Sistem Kelistrikan Jakarta Raya dan Banten
SURYA/SURYA/PURWANTO
Petugas PLN melukakan pemeliharaan jaringan listrik dan meningkatkan keandalan suplai tenaga listrik. Sebanyak 4.910 personel PT PLN (Persero) dikerahkan untuk mengamankan sistem kelistrikan khususnya di Jakarta Raya dan Banten. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 4.910 personel PT PLN (Persero) dikerahkan untuk mengamankan sistem kelistrikan khususnya di Jakarta Raya dan Banten.

Hal ini dilakukan PLN untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem di penghujung tahun 2022.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, Perseroan sudah melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait potensi hujan lebat di Jakarta Raya dan Banten sejak 26 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Baca juga: Polri Siapkan Pasukan Antisipasi Bencana Alam Akibat Cuaca Ekstrem Selama Natal dan Tahun Baru

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG terkait adanya potensi ancaman cuaca buruk," ucap Darmawan dalam keterangan yang diperoleh, Rabu (28/12/2022).

"Kami bersiaga untuk mengamankan sistem kelistrikan, baik pembangkit, transmisi, distribusi maupun di sisi pelanggan khususnya di Jakarta dan sekitarnya," sambungnya.

Ia mengatakan PLN menyiagakan 89 posko yang beroperasi penuh selama 24 jam.

BERITA REKOMENDASI

Posko ini tak hanya siaga kelistrikan saja, tetapi juga tempat pasukan cepat tanggap dari pihak PLN apabila terjadi banjir dan masyarakat membutuhkan bantuan.

"Selain mengamankan kelistrikan, kami juga menyiagakan 43 perahu karet yang tersebar di Jakarta Raya dan Banten yang siap siaga mengevakuasi masyarakat jika terjadi risiko dari cuaca ekstrem," ujar Darmawan.

PLN juga menyiagakan perlengkapan pendukung kelistrikan berupa 48 unit Uninterrupted Power Supply (UPS), 12 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) sepanjang 6.635 meter, 50 Unit Gardu Bergerak (UGB) total daya 14.480 kVA, 30 unit Genset dan 20 unit Powerbank total kapasitas 8.890 kilovolt ampere (kVA).

Untuk operasional mobile, PLN mengerahkan 8 unit crane dan 10 unit kendaraan deteksi stand by di Jakarta Raya dan Banten yang akan langsung bergerak di titik pemulihan kelistrikan.

"Kami juga sudah menyiagakan pasokan listrik khususnya di rumah pompa utama pengendali banjir. Enam lokasi rumah pompa utama ini dilengkapi Automatic Change Over (ACO)," papar Darmawan.

"Selain itu, untuk dukungan tambahan kami juga meyiapkan 263 buah pompa banjir," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas