Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gara-gara Kritik Aktivis Lingkungan, Presiden Bank Dunia David Malpass Mengundurkan Diri

Presiden Bank Dunia David Malpass mengumumkan dia akan meninggalkan jabatannya jauh sebelum masa jabatannya berakhir.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gara-gara Kritik Aktivis Lingkungan, Presiden Bank Dunia David Malpass Mengundurkan Diri
Twitter
Presiden Bank Dunia David Malpass saat menghadiri Forum Keuangan Publik tahunan ketiga The Milken Institute yang diadakan di Washington, DC, Amerika Serikat pada 10-12 Januari 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Bank Dunia David Malpass mengumumkan dia akan meninggalkan jabatannya jauh sebelum masa jabatannya berakhir.

Keputusan tersebut diumumkan pada Rabu (15/2/2023), dan Malpass akan meninggalkan jabatannya pada akhir Juni 2023. Sementara masa jabatannya selama lima tahun sebagai Presiden Bank Dunia akan berakhir pada April 2024.

Malpass, yang mendapat jabatannya setelah ditunjuk oleh mantan presiden AS Donald Trump pada 2019, memberi tahu keputusan pengunduran dirinya kepada Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Selasa (14/2/2023), kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Baca juga: Bank Dunia Pangkas Prospek Pertumbuhan Ekonomi China Menjadi 2,7 Persen Pada Tahun Ini

“Merupakan kehormatan dan keistimewaan yang luar biasa untuk melayani sebagai Presiden lembaga pembangunan utama dunia,” kata Malpass dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari CNN.

Malpass mendapat tekanan dari Yellen dalam beberapa bulan terakhir agar mempercepat reformasi yang bertujuan mengubah cara Bank Dunia beroperasi, untuk memastikan pemberian pinjaman yang lebih luas dalam memerangi perubahan iklim dan tantangan global lainnya.

Menanggapi pengunduran diri Malpass, Yellen berterima kasih atas pengandiannya selama menjabat sebagai Presiden Bank Dunia.

BERITA TERKAIT

"Dunia mendapat manfaat dari dukungannya yang kuat untuk Ukraina dalam menghadapi invasi ilegal dan tidak beralasan Rusia, pekerjaan vitalnya untuk membantu rakyat Afghanistan, dan komitmennya untuk membantu berpenghasilan rendah. negara mencapai keberlanjutan utang melalui pengurangan utang," ungkap Yellen, seperti yang dikutip dari Reuters.

Yellen menambahkan, Amerika Serikat akan segera mencalonkan pengganti Malpass dan berharap dewan bank melakukan "proses nominasi yang transparan, berdasarkan prestasi dan cepat untuk presiden Bank Dunia berikutnya."

Sesuai tradisi lama, pemerintah AS memilih kepala Bank Dunia, sementara para pemimpin Eropa memilih pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF).

Malpass mengambil alih kepemimpinan Bank Dunia pada April 2019 setelah menjabat sebagai pejabat tinggi urusan internasional di Departemen Keuangan AS dalam pemerintahan Trump.

Baca juga: Bank Dunia Melihat Perdagangan Indonesia Tumbuh Melambat dalam Empat Dekade Terakhir

Sebelumnya, dia menjabat sebagai kepala ekonom di bank investasi Bear Stearns yang sekarang sudah tidak beroperasi selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun fiskal 2022, Bank Dunia berkomitmen mengucurkan lebih dari 104 miliar dolar AS untuk proyek-proyek di seluruh dunia, menurut laporan tahunan bank tersebut.

Tuai Kritikan Terkait Isu Iklim

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas