Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rupiah Hari Ini Masih Akan Terdepresiasi karena Ekspektasi Kenaikan Fed Rate

Rupiah diperkirakan masih akan melanjutkan depresiasi pada perdagangan hari ini akibat risiko global yang sedang tinggi

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Rupiah Hari Ini Masih Akan Terdepresiasi karena Ekspektasi Kenaikan Fed Rate
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Masagung Money Changer, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi melemah, Kamis (23/2/2023). TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

TRIB UNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi melemah, Kamis (23/2/2023). Pada perdagangan kemarin, kurs rupiah spot melemah 0,06 persen ke level Rp 15.200 per dolar AS. Sedangkan kurs rupiah Jisdor Bank Indonesia (BI) melemah 0,26% ke level Rp 15.218 per dolar AS.

“Berbagai hasil positif dalam aktivitas bisnis di AS bisa memberikan banyak peluang bagi The Fed untuk menaikkan suku bunga,” kata Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo kepada Kontan.co.id.

Senior Economist KB Valbury Sekuritas Fikri C. Permana mengatakan, rupiah masih akan melanjutkan depresiasi pada perdagangan hari ini akibat risiko global yang sedang tinggi, termasuk ekspektasi kenaikan Fed Rate.

“Ekspektasi itu akan meningkatkan indeks dolar AS, sehingga membuat investor lari ke mata uang itu. Akhirnya, rupiah tertekan hari ini dan berlanjut ke besok,” kata Fikri dikutip Kontan.

Data domestik sebenarnya memberikan sentimen positif kepada kurs rupiah terhadap dolar AS. Seperti, rilis APBN bulan Januari yang surplus 0,43% dari produk domestik bruto.\

"Namun, yang menjadi catatan adalah penerbitan surat utang yang sudah sekitar 13% dari target,” ujar Fikri.

Sutopo memprediksi, rupiah akan bergerak di rentang Rp 15.150 per dolar AS–Rp 15.250 per dolar AS pada perdagangan esok.

Baca juga: Rupiah Ambruk Lagi Sore Ini, Besok Masih Lanjut Melemah?

BERITA REKOMENDASI

Fikri memproyeksikan, rupiah besok akan berada di kisaran Rp 15.094 per dolar AS–Rp 15.294 per dolar AS.

Laporan Reporter: Pulina Nityakanti | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas