Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Garap Bisnis Hospitality, Apernas Bangun Hotel Budget Enam Lantai di LRT Cibubur

Proses konstruksi dipekirakan akan berlangsung selama 2 tahun dan akan selesai serta siap beroperasi di 2025.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Garap Bisnis Hospitality, Apernas Bangun Hotel Budget Enam Lantai di LRT Cibubur
HO
Pengurus DPP Apernas telah meneken nota kesepahaman (MoU) antara Apernas dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) sebagai pengembang LRT City Cibubur di sela Rapat Kerja Nasional ke-VI di Jakarta, Kamis (23/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (Apernas) akan masuk ke bisnis hospitality atau perhotelan dengan mendirikan hotel budget pertamanya di di LRT City Cibubur.

Hotel ini akan didanai dari investasi bersama antara para pengusaha pengembang perumahan sederhana anggota Apernas serta mitra pengusaha lainnya. Menariknya, ikut bergabung pula dalam konsorsium ini sejumlah kalangan selebritas.

Untuk merealisasikan rencana ini, pengurus DPP Apernas telah meneken nota kesepahaman (MoU) antara Apernas dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) sebagai pengembang LRT City Cibubur di sela Rapat Kerja Nasional ke-VI di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi Juli 2023, Kawasan TOD Disebut Akan Banyak Diisi Hunian

Hotel yang dibangun ini berada dalam salah saty tower apartemen di proyek transit oriented development atau TOD LRT City Cibubur yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Harjamukti.

Hotelnya sendiri akan mengambil enam lantai dari salah satu tower apartemen ini dan akan dikembangkan menjadi 156 unit kamar hotel.

Ketua Umum Apernas Zulfakar mengatakan, pihaknya menggandeng dua mitra untuk mengembangkan bisnis hotel ini, yakni PT Astana dan PT Faulim Jaya Lestari dengan total nilai investasi Rp 75 miliar.

BERITA REKOMENDASI

"Selain bisa mewadahi teman-teman pengembang, kita juga punya program yang ingin membuat pengembang-pengembang punya unit [kamar hotel] bersama di Apernas," ujar Zulfakar.

Selanjutnya, PT Astana dan PT faulim Jaya Lestari akan melakukan kredit investasi LRT City Cibubur untuk pembelian 6 lantai dari salah satu tower apartemen di LRT Cibubur untuk dibangun menjadi hotel dengan nama Hotel Apernas.

"Jadi posisi kami sekarang sebagai pembeli unit-unit apartemen. Kami bekerja sama dengan para pembeli apartemen ini untuk kami jadikan hotel, namanya Hotel Apernas," ujar Zulfakar.

"Rencana awal, kami hanya beli 2 lantai dengan per lantai sebanyak 26 unit apartemen di LRT Cibubur Harjamukti. Setelah kami lima kali bertemu dengan para calon investor individu dan perusahaan, kami sepakat mengambil enam lantai untuk kita jadikan 156 unit kamar hotel yang pembangunannya akan kami lakukan bekerja sama dengan ADCP," imbuhnya.

Kelas kamar sama hotel ini akan relatif sama dengan ukuran sekitar 22 m2 per kamar namun akan dirancang dengan beberapa style untuk menghadirkan ambience berbeda kepada para tamu yang menginap.

"Ini akan menjadi hotel budget. Styling kamarnya akan berbeda, dari minimalis hingga klasik. Total ada 50-an investor anggota Apernas serta ditambah para mitra investor perusahaan,' kata dia.

"Investor ini sebagian adalah kalangan artis. Ada belasan artis yang berpartisipasi. Diantaranya, Ahmad Afandi. Ini merupakan investasi tepat karena akan memberikan penghasilan pasif kepada investor yang menanamkan uangnya di bisnis ini dan Apernas bertindak sebagai pengelola hotel tersebut," papar Zulfakar.

Ditambahkan hotel ini tidak akan dilengkapi demgan restoran. "Untuk layanan breakfast kita akan bekerja sama dengan pemgusaha kuliner di tower yang sama. Untuk peroyek hotel semacam ini perizinannya pendirian lebih ringan, tidak seperti perizinan hotel biasa, karena lebih ke apartemen individual," bebernya.

Proses konstruksi dipekirakan akan berlangsung selama 2 tahun dan akan selesai serta siap beroperasi di 2025.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas