Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lion Air Gagal Terbang Akibat Ponsel Meledak, Berikut Daftar Insiden Gawai Terbakar di Pesawat

Ini bukan kali pertama sebuah ponsel meledak di pesawat. Berikut ini beberapa insiden handpone yang pernah terbakar di pesawat.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Lion Air Gagal Terbang Akibat Ponsel Meledak, Berikut Daftar Insiden Gawai Terbakar di Pesawat
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi Pesawat Lion Air. Penerbangan pesawat Lion Air JT 693 dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Juanda Surabaya mengalami penundaan akibat handphone milik seorang penumpang meledak, Minggu (26/2/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerbangan pesawat Lion Air JT 693 dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Juanda Surabaya mengalami penundaan akibat handphone milik seorang penumpang meledak, Minggu (26/2/2023).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan investigasi terkait insiden itu sedang dilakukan guna mengetahui penyebab pasti meledaknya handphone tersebut.

"Saat ini, handphone (penumpang) tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan," ujar Danang.

Baca juga: Ponsel Penumpang Terbakar di Dalam Pesawat, Penerbangan Lion Air Rute Kupang-Surabaya Tertunda

Insiden tersebut terjadi ketika seluruh penumpang telah berada di dalam kabin pesawat. Saat dilakukan penutupan pintu, pesawat pun langsung mundur atau push back untuk menuju ke runway.

Saat itulah ponsel milik seorang penumpang bernama Apriyanto Nahak (25) meledak. Apriyanto yang duduk di Kursi Nomor 9D membuang ponselnya ke lantai karpet pesawat, karena ia merasakan panas saat mengantongi ponsel itu di celananya.

Ketika Apriyanto melepar ponselnya ke lantai karpet kabin pesawat, kondisi ponselnya sudah dalam keadaan mengeluarkan asap.

BERITA TERKAIT

Apriyanto sempat menginjak ponselnya dengan tujuan mematikan ponsel tersebut, namun ponselnya terus mengeluarkan api dan langsung meledak serta membakar karpet kabin pesawat.

Penumpang yang panik kemudian membuka jendela darurat bagian tengah sebelah kiri. Hal tersebut membuat pramugari dan pilot mengarahkan penumpang untuk segera meninggalkan pesawat dan menunggu di ruang tunggu.

Ini bukan kali pertama sebuah ponsel meledak di pesawat. Berikut ini beberapa insiden handpone yang pernah terbakar di pesawat.

1. Insiden British Airways

Insiden handphone meledak di dalam pesawat juga pernah terjadi di salah satu penerbangan British Airways pada 2021.

Pramugari British Airways segera memadamkan kobaran api selama penerbangan overnight dari Miami ke Heathrow. Ponsel iPhone berwarna merah tersebut hancur oleh api dan bagian belakangnya hangus hingga terlihat perangkat dalamnya.

Pada saat itu, seorang penumpang pesawat sedang tidur di kursi ranjang datarnya di pesawat jet Boeing 787 Dreamlines, yang hanya berjarak sekitar 40 menit dari pendaratan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas