Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Suka Pamer Kekayaan di Medsos, Wamenkeu Minta Eko Darmanto Segera Dicopot dari Jabatan

Pegawai Bea dan Cukai Eko Darmanto selama ini kerap memamerkan harta kekayaannya di media sosial.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Suka Pamer Kekayaan di Medsos, Wamenkeu Minta Eko Darmanto Segera Dicopot dari Jabatan
Tribunnews/Nitis Hawaroh
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam Konferensi Pers Perkembangan Tindak Lanjut Kasus Rafael Alun Sambodo dan Eko Darmanto oleh Kementerian Keuangan di Jakarta, Rabu (1/3/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai untuk segera mencopot Eko Darmanto dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea dan Cukai (DBC) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suahasil beralasan, pencopotan tersebut dibutuhkan agar memudahkan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto yang selama ini kerap memamerkan harta kekayaannya di media sosial.




"Saya telah menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, agar yang bersangkutan segera dibebastugaskan pencopotan dari jabatan," ujar Suahasil dalam Konferensi Pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Suahasil berujar, Bea Cukai melalui Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekretaris Ditjen DJBC telah memanggil Eko Darmanto untuk menindaklanjuti pemeriksaan harta kekayaannya.

Kata dia, hasil pemeriksaan itu Eko mengakui foto dirinya yang berada di depan pesawat terbang hanyalah momen ketika Eko hendak melakukan latihan.

Namun, lanjut Suahasil, Eko tak menampik bahwa apa yang dia lakukan adalah keliru dan salah.

BERITA TERKAIT

"Terkait dengan unggahan foto yang pamer, bersangkutan telah mengakui kesalahannya dan berjanji akan memperbaiki," ucapnya.

"Hasil pemeriksaan dari Direktorat Kepatuhan DJBC, motor besar yang ditampilkan di akun media sosial yang bersangkutan (Eko) adalah pinjaman," sambungnya.

Baca juga: Buntut Pamer Kekayaan di Medsos, Kepala BC Yogya Eko Darmanto Segera Dicopot dari Jabatannya

Suahasil memaparkan, Eko turut mengakui sejumlah harta kekayaannya yang belum dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN).

"Karena itu saya telah instruksikan tim Irjen Kemenkeu bersama dengan DJBC untuk tindaklanjuti dengan investigasi dan penelitan lebih lanjut atas perilaku, kecocokan harta, dan utang dalam LHKPN dicocokan termasuk dengan laporan SPT pajaknya serta mendalami pelanggaran etika dan disiplin saudara ED," tegas dia.

Baca juga: Jadi Sorotan, Ini Riwayat Harta Kekayaan Kepala Bea Cukai Yogya Eko Darmanto sejak 2011

Sebelumnya, harta kekayaan Eko Darmanto menjadi sorotan di media sosial Twitter. Bahkan, warganet di media sosial Twitter sampai menaikkan tagar #BeaCukaiHedon dan menjadi trending topic nomor tiga pada Selasa (28/2/2023).

Hingga pukul 13.26 WIB, tagar #BeaCukaiHedon telah disematkan sebanyak 5.103 cuitan.

Pada salah satu cuitan dari akun Twitter, @J44CKh3nry, diunggah tangkapan layar atau screenshot yang menampilkan berbagai foto Eko Darmanto memamerkan barang mewah miliknya seperti pesawat diduga bertipe Cesna, motor gede (moge), hingga koleksi mobilnya.

Baca juga: Usai Rafael Alun, Harta Kekayaan Kepala Bea Cukai Yogya Eko Darmanto Jadi Sorotan Warganet

Screenshot itu adalah akun Instagram kloning yang diduga bukan milik Eko Darmanto sendiri. Sementara akun Instagram pribadi milik Eko Darmanto yaitu @eko_darmanto_bc ketika Tribunnews.com telusuri, sudah tidak aktif lagi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas