Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penerbangan Langsung Xiamen - Denpasar Dibuka, Kemenhub: Wisman China Bawa Dampak Positif Bagi Bali

Penerbangan langsung Xiamen – Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi Covid-19 yang dilakukan pada Jumat

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Penerbangan Langsung Xiamen - Denpasar Dibuka, Kemenhub: Wisman China Bawa Dampak Positif Bagi Bali
Dok: Humas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
Photo: Penerbangan langsung (direct flight) dari China melalui Bandaa Gaoqi Xiamen (XMN) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS) dengan frekuesi penerbangan setiap hari, telah dibuka. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerbangan langsung (direct flight) dari China melalui Bandara Gaoqi Xiamen (XMN) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS) dengan frekuesi penerbangan setiap hari telah dibuka.

Penerbangan langsung Xiamen – Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi Covid-19 yang dilakukan pada Jumat (3/3/2023) lalu.

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat Xianmen Airlines Boeing 738-800 dengan kapasitas 169 kursi.

Baca juga: Menhub Budi Karya Ajak Pelaku Industri Penerbangan Dukung IKN Melalui Pembangunan Konektivitas

Jadwal kedatangan pesawat dari Xiamen pada pukul 23.15 dan kembali ke Xiamen pukul 00.15 WITA.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni mengatakan penerbangun reguler secara langsung ini untuk mendukung pariwisata dan perekonomian di Bali.

“Kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari China ini berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian Bali. Mengingat China merupakan salah satu potensi market bagi pariwisata di Bali.

BERITA TERKAIT

Saat ini tercatat sebanyak 1.143 wisman asal China datang ke Bali sejak awal tahun 2023. Dengan adanya penerbangan reguler secara direct tentunya akan sangat mendukung," kata Kristi dalam keterangannya, Minggu (5/3/2023).

Sebelumnya, di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen (SZX) – Denpasar (DPS) seminggu sekali oleh maspakai Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Kini, sudah ada dua kota di China, yaitu Xiamen dan Shenzhen, yang terkoneksi langsung dengan Bali melalui reguler flight dan charter flight.

Baca juga: Penerbangan di Bandara Soetta Sempat Bermasalah Imbas Cuaca Buruk, AP II Pastikan Telah Normal

Menurut Kristi, kolaborasi yang erat antar kementerian/lembaga dan semua stakeholders penerbangan, mampu mewujudkan potensi konektivitas penerbangan agar kota-kota dapat terhubung dengan rute internasional.

"Sehingga, mampu mendorong pemulihan sektor penerbangan di Indonesia setelah pandemi," katanya.

Photo: Penerbangan langsung (direct flight) dari China melalui Bandaa Gaoqi Xiamen (XMN) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS) dengan frekuesi penerbangan setiap hari, telah dibuka. Dok: Humas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas