Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menteri KKP: Presiden Akan Resmikan Shrimp Estate di Kebumen Kamis Besok

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, akan mengejar target produksi udang sebanyak 2 juta ton pada 2024.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menteri KKP: Presiden Akan Resmikan Shrimp Estate di Kebumen Kamis Besok
Istimewa
Ilustrasi: Klaster tambak udang vaname di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali berhasil dipanen lagi dengan hasil yang memuaskan sebanyak 32,5 Ton. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, akan mengejar target produksi udang sebanyak 2 juta ton pada 2024.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, demi menggenjot produksi, pemerintah akan meresmikan kawasan budidaya tambak udang terintegrasi atau shrimp estate di Kebumen kamis besok.

"Jadi, dukungan teman-teman untuk menyuarakan bahwa tambak itu benar-benar harus dikelola secara profesional, pasti hasilnya akan profesional. Hari kamis (besok) ya Presiden akan meresmikan, kalau mau hadir boleh di Kebumen," ujarnya di Gedung KKP, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Strategi KKP Amankan Sektor Perikanan dari Ancaman Resesi Global

Selanjutnya, Trenggono menjelaskan, model bisnis saat ini tidak bisa mengejar produksi 2 juta ton dengan hanya 0,06 ton per hektare

"Kalau dengan jumlah luasan tambak yang ada masih dengan penanganan tradisional, tidak akan bisa terjadi 0,06 ton per hektar. Kita coba buat model dan skala kecil kira-kira 100 hektare ini, model ini sesuai best practice, best practice-nya 40 ton (per hektare)" katanya.

Menurutnya kalau shrimp estate di Kebumen ini berhasil, pemerintah bisa melakukan revitalisasi terhadap seluruh tambak yang ada.

BERITA TERKAIT

"Kita akan usulkan kepada menteri keuangan, untuk kemudian kita revitalisasi tambak-tambak yang ada. Kita geser menjadi tambak seperti yang ada di Kebumen," pungkas Trenggono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas