Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Pesawat pada Periode Mudik Lebaran, Sanksi Menanti

Budi Karya Sumadi meminta maskapai untuk tidak menaikkan tiket pesawat secara berlebihan saat periode mudik lebaran 2023.

Editor: Sanusi
zoom-in Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Pesawat pada Periode Mudik Lebaran, Sanksi Menanti
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers usai rapat intern membahas arus mudik di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023). Budi Karya Sumadi meminta maskapai untuk tidak menaikkan tiket pesawat secara berlebihan saat periode mudik lebaran 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta maskapai untuk tidak menaikkan tiket pesawat secara berlebihan saat periode mudik lebaran 2023.

"Ada hal yg penting kami sampaikan pada operator, tolong tidak menaikkan tarif sewenang-wenang, kita tahu saudara kita butuh untuk mudik, atau berlibur, operator supaya kooperatif jangan menaikkan satu tarif yang berlebihan," jelas Menhub, dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (24/3/2023).

Menhub mengingatkan, terdapat harga batas atas tiket pesawat.

Baca juga: Kuota Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023 Habis, Kemenhub: Bakal Ditambah




"Apabila melampaui batas atas maka kami akan tegur dengan sanksi sanksi yang tegas," kata Menhub.

Menhub juga mengatakan arus mudik di Bandara Soekarno Hatta relatif dapat diatur.

Artinya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan pesawat sesuai dengan kapasitas.

Menhub mengatakan, upaya meningkatkan jumlah kapasitas bisa dilakukan dengan memperbanyak pesawat.

BERITA TERKAIT

"Kalau memperbanyak pesawat dari awal kita sudah melakukan ramp check, sehingga kapasitas atau jumlah yang terbang banyak. Kemarin dirjen sudah melakukan itu," ujar Menhub.

Selain itu, Kemenhub meminta menambah jam operasi. Misalnya, Kemenhub meminta jam operasi bandara yang sebelumnya sampai jam 4 diminta untuk sampai jam 8.

Baca juga: Pemerintah Siapkan 500 Bus untuk Mudik Gratis, Pemudik Diimbau Tidak Gunakan Sepeda Motor

Hal itu dilakukan agar rotasi pesawat bergerak lebih maksimal. Sehingga diharapkan yang sebelumnya 6 flight menjadi 8 flight dan jumlah penumpang yang diangkut bisa lebih besar.

artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Menhub Minta Operator Tak Naikkan Harga Tiket Pesawat pada Musim Mudik Lebaran

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas