Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dapat THR Ketika Lebaran, Sebaiknya Anak yang Simpan atau Orangtua?

untuk THR, jika anak mendapatkan ketika Lebaran, sebaiknya disimpan orangtuanya atau anaknya?

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Sanusi
zoom-in Dapat THR Ketika Lebaran, Sebaiknya Anak yang Simpan atau Orangtua?
dok. Astra Life
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramadan merupakan bulan yang disambut dengan antusiasme yang tinggi dengan berbagai momentum spesial yang dinantikan.

Mulai dari menjalankan ibadah, adanya kegiatan ngabuburit, berbuka puasa, sahur hingga persiapan menyambut Hari Raya Idulfitri.

Pada periode ini, masyarakat juga cenderung lebih konsumtif khususnya karena kebutuhan meningkat secara signifikan.

Baca juga: Besaran THR PNS 2023 dan Gaji ke-13 sesuai Jabatan, Paling Banyak Rp24.134.000

Tidak hanya itu, pengeluaran tambahan lainnya seperti pembagian Tunjangan Hari Raya (THR), bersedekah hingga biaya mudik, juga harus diperhitungkan dan disiapkan sebelumnya agar pengeluaran dapat tetap terjaga.

Khusus untuk THR, jika anak mendapatkan ketika Lebaran, sebaiknya disimpan orangtuanya atau anaknya?

Certified Financial Planner Annisa Steviani mengatakan, keputusan tersebut bergantung kembali terhadap umur sang anak.

BERITA TERKAIT

"Tergantung usia anak, kalau di bawah 3 tahun nggak bisa atur uang, bisa diatur Ibunya. Misal aku belikan mainan, sepatu, tapi ada juga Ibu-ibu anaknya lebih dari satu, tiap dapat THR bikin tabungan," ujarnya dalam konferensi pers "Bincang Shopee Ramadan Sale : Lihat Peluang, Pintar Atur Keuangan" di Kantor Shopee Indonesia, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Sementara itu, Annisa menyampaikan, uang THR bisa ditukarkan si Ibu dengan belikan keperluan atau barang-barang untuk anaknya jika sudah masuk usia 3 tahun.

"Kalau lebih 3 tahun mengerti uang bisa ditukar jadi mainan dan lainnya," katanya.

Kemudian jika anak sudah masuk usia 5 tahun, maka keputusan bijaksana adalah dengan mulai ajarkan sang anak mengelola uangnya dengan menahan keinginan.

Baca juga: PNS Kecewa Tukin THR Tahun Ini Masih Diberikan 50 Persen

"Anak aku umur 5 tahun dia punya uang THR, misal mau beli mainan Rp 50 ribu, uangnya Rp 40 ribu, aku bilang uang kamu nggak cukup. Kalau ajarin uang ke anak bukan hanya tabung-tabung, langkah pertama ajarin anak belanja yang baik sesuai uang yang dipunya, kalau uangnya kurang, Ibu nggak bisa tambahin," tutur Annisa.

Selanjutnya kalau sudah lebih besar lagi di usia 6 tahun, bisa ajarkan sang anak untuk simpan uang THR dan bagikan ke orang lain dalam bentuk sedekah dan lainnya.

"Karena di umur 6 tahun, dia tahu belanja, uangnya nggak cukup, mindset menabung muncul sendiri dan di umur 6 tahun dia tahu jumlah yang harus dibelanjakan dan bagikan. Sementara kalau umur 7 tahun dan 8 tahun sudah bisa membaca, cek sendiri di e-commerce mana ada ongkir promo dan lain-lain," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas