Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lindungi Pertanian Lokal, Polandia dan Hungaria Larang Impor Biji-bijian dan Makanan dari Ukraina

Polandia dan Hungaria telah memutuskan untuk melarang impor biji-bijian dan makanan lain dari Ukraina.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Lindungi Pertanian Lokal, Polandia dan Hungaria Larang Impor Biji-bijian dan Makanan dari Ukraina
Bloomberg
Ilustrasi panen gandum 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA – Polandia dan Hungaria telah memutuskan untuk melarang impor biji-bijian dan makanan lain dari Ukraina.

Langkah tersebut dilakukan oleh Polandia untuk melindungi sektor pertanian lokal setelah membanjirnya pasokan yang menekan harga di seluruh wilayah tersebut.

"Pemerintah telah memutuskan peraturan yang melarang masuknya impor biji-bijian ke Polandia, tetapi juga puluhan jenis makanan lain dari Ukraina," kata Jaroslaw Kaczynski, pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS) Polandia dalam konvensi partai, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Putin Tuntut Jaminan Keamanan Ekspor Gandum, Zelensky: Tunjukkan Kegagalan Agresi Rusia

Ukraina menyatakan penyesalan atas keputusan Polandia, dengan mengatakan "menyelesaikan berbagai masalah dengan tindakan drastis sepihak tidak akan mempercepat penyelesaian situasi yang positif".

Sementara itu, Kementerian kebijakan agraria dan pangan Ukraina mengatakan larangan Polandia bertentangan dengan perjanjian bilateral yang ada tentang ekspor, dan menyerukan pembicaraan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kami memahami petani Polandia berada dalam situasi yang sulit, tetapi kami menekankan bahwa petani Ukraina berada dalam situasi yang paling sulit saat ini," kata Kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, Pemerintahan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban tidak memberikan perincian kapan larangan impor biji-bijian dan makanan lainnya akan berlaku, tetapi mengatakan larangan itu akan berakhir pada Juni.

Baca juga: Ekspor Gandum Dilanjutkan, Putin: Rusia Mungkin Keluar dari Kesepakatan jika Ukraina Langgar Jaminan

Adapun Pemerintah Hungaria mengharapkan adanya perubahan peraturan di tingkat Uni Eropa, termasuk memikirkan kembali penghapusan bea impor produk Ukraina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas