Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jelang Lebaran 2023, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan di Wilayah Operasional

Smartfren meningkatkan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya menjelang Lebaran 2023.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jelang Lebaran 2023, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan di Wilayah Operasional
Dokumentasi KONTAN
ILUSTRASI Tower menara seluler - Smartfren meningkatkan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya menjelang Lebaran 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Smartfren meningkatkan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya menjelang Lebaran 2023.

Peningkatan kualitas tersebut antara lain dilakukan dengan perluasan coverage, implementasi Content Delivery Network (CDN), dan optimasi jaringan. 

Selain itu, ada pula produk baru yang dapat digunakan pelanggan mengoptimalkan pengalaman berinternet di jaringan Smartfren yang 100 persen 4G.

Perluasan coverage ini dilakukan di tingkat kabupaten dengan penambahan sejumlah BTS yang berfungsi memperkuat. 

Adapun dari penambahan tersebut coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3%. 

Sedangkan di setiap wilayah operasional Smartfren berhasil meningkatkan 3% di Sumatera Utara, 10% DI Sumatera Selatan, 3% di Jabodetabek, 10% di Jawa Barat, 9% di Jawa Tengah, 4% di Jawa Timur dan 7% di Sulawasi serta Kalimantan.

BERITA REKOMENDASI

Untuk menurunkan latency, yaitu tingkat respon jaringan yang sangat menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet, Smarfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache.

Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, inisiatif penguatan jaringan ini dilakukan 100% untuk Indonesia dengan mempertimbangkan perilaku serta kebutuhan digital masyarakat. 

"Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren. Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal," ujar Agus dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Mudik Lebaran, Smartfren Siapkan Jaringan dan Program Baru

Sedangkan dari sisi produk, kata Agus, Smartfren merilis kartu perdana Smartfren Kuota M dan Kuota L dengan keunggulan berupa promo Triple Bonus khusus pelanggan baru. 

Menurutnya, Smartfren juga merilis paket data baru untuk seluruh pelanggan setia. Paket baru ini juga memiliki manfaat Triple Kuota yang melimpah untuk digunakan memenuhi berbagai kebutuhan digital. 

"Mulai dari streaming, sampai berkreasi membuat karya digital jadi lebih mudah," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas