Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AP II Siapkan Enam Titik Layanan untuk Arus Balik Lebaran 2023

PT Angkasa Pura II menyiapkan enam titik pada aspek operasi dan pelayanan di 20 bandara untuk menyambut arus balik Angkutan Lebaran 2023.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in AP II Siapkan Enam Titik Layanan untuk Arus Balik Lebaran 2023
dok Angkasa Pura II
PT Angkasa Pura II menyiapkan enam titik pada aspek operasi dan pelayanan di 20 bandara yang dikelola, untuk menyambut arus balik Angkutan Lebaran 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II menyiapkan enam titik pada aspek operasi dan pelayanan di 20 bandara yang dikelola, untuk menyambut arus balik Angkutan Lebaran 2023.

President Director AP Muhammad Awaluddin mengatakan, rencana operasional di seluruh bandara AP II telah disiapkan untuk mengantisipasi kenaikan lalu lintas penerbangan pada arus balik Lebaran.




"Telah diinstruksikan kepada seluruh bandara AP II termasuk para stakeholder agar bersiap menyambut arus balik. Bandara AP II siap mengantar para pemudik untuk kembali ke kota tempat mereka beraktivitas sehari-hari," kata Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Pada arus balik ini penanganan difokuskan pada kedatangan penumpang di bandara paling sibuk, yakni bandara Soekarno-Hatta.

"Penanganan lebih fokus pada kedatangan penumpang dan yang paling sibuk pada periode ini adalah Bandara Soekarno-Hatta yang akan menerima kedatangan para pemudik dari berbagai kota. AP II dan seluruh stakeholder berkolaborasi erat untuk memastikan kelancaran pada arus balik ini," papar dia.

Enam titik aspek tersebut masing-masing terbagi menjadi tiga titik untuk aspek operasi dan tiga titik pada aspek pelayanan.

BERITA TERKAIT

Pada Aspek Operasi, bandara AP II fokus pada tiga titik penting yaitu alokasi parkir pesawat, penanganan bagasi penumpang pesawat, dan ketersediaan moda transportasi publik.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni-Merak Akan Terjadi Hari Ini

"AP II dan stakeholder merencanakan dengan baik alur kedatangan pemudik. Penentuan lokasi parkir pesawat, apakah merapat ke terminal untuk menggunakan garbarata (on block) atau di area remote harus direncanakan dengan baik," ujar dia.

"Proses penanganan bagasi oleh operator ground handling menjadi titik sangat penting. Di tengah sibuknya kedatangan penerbangan, seluruh personel terkait harus dapat memenuhi level of service yang telah ditentukan mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat hingga masuk ke conveyor belt di baggage claim area yang ada di terminal," lanjutnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Penumpang di Terminal Pulogebang Diprediksi Hari Ini dan Esok

Sedangkan, tiga titik dari aspek pelayanan yakni manajemen atau prosedur terkait keterlambatan (delay) penerbangan, kebersihan seluruh fasilitas publik, serta kepastian layanan pada proses keberangkatan.

Terkait keterlambatan penerbangan, Awaluddin mengaku, pihaknya telah menyiapkan antisipasi potensi delay yang disebakan beragam faktor.

"Delay management ini harus dijalankan dengan baik oleh seluruh stakeholder, termasuk sesuai regulasi yang ditetapkan Kementerian Perhubungan. Informasi kepada penumpang pesawat harus diberikan secara jelas," ujarnya.

Baca juga: Daftar Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2023, Skema One Way hingga Ganjil Genap

Bandara AP II juga fokus pada kebersihan seluruh fasilitas publik, termasuk seluruh toilet di area kedatangan maupun keberangkatan.

"Kecukupan personel cleaning service dipastikan memenuhi kebutuhan," jelasnya.

Di sisi lain, Awaluddin menegaskan, seluruh stakeholder di bandara AP II telah memastikan pelayanan dalam seluruh proses keberangkatan pemudik, termasuk apabila ada kendala terkait tiket penerbangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas