Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ada KTT ASEAN, PUPR Segera Rampungkan Pembenahan Kawasan Marina Labuan Bajo Zona 4

Pembangunan di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori juga untuk meningkatkan kualitas pariwisata, lingkungan, dan ekonomi kawasan.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ada KTT ASEAN, PUPR Segera Rampungkan Pembenahan Kawasan Marina Labuan Bajo Zona 4
TRIBUNNEWS.COM/HO
Teknisi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk memeriksa dan menyiapkan jaringan telekomunikasi fiber optik untuk perhelatan ASEAN Summit 2023 ke-42, yang akan berlangsung 9-11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Senin (1/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat peningkatan fasilitas penunjang KTT ASEAN ke-42 pada 9 Mei hingga 11 Mei 2023 mendatang di Labuan Bajo dan Tana Mori, Nusa Tenggara Timur. 

Selain mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN, pembangunan di Kawasan Labuan Bajo dan Kawasan Tana Mori juga untuk meningkatkan kualitas pariwisata, lingkungan, dan ekonomi kawasan yang berkelanjutan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam keterangan pers, Sabtu (6/5/2023) mengatakanm, peningkatan fasilitas penunjang di Kawasan Labuan Bajo dan Tana Mori dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT, Direktorat Jenderal Bina Marga. 

Salah satu infrastruktur pendukung yang segera rampung, yaitu pembangunan promenade atau jalur pedestrian atau kawasan pejalan kaki Marina Labuan Bajo Zona 4. 

Kepala BPPW NTT Normansjah Wartabone mengatakan, selain mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42, pembangunan promenade Marina Labuan Bajo Zona 4 bertujuan untuk menghubungkan aksesibilitas pengunjung pada area Waterfront Marina Labuan Bajo

Selain itu, juga meningkatkan kualitas area parkir dalam rangka menunjang fungsi Pelabuhan Labuan Bajo ASDP. 

Baca juga: KTT ASEAN di Labuan Bajo Jadi Ajang Unjuk Performa Digital Indonesia

BERITA REKOMENDASI

“Saat ini progres fisiknya sudah mencapai 87,92 persen. Kementerian PUPR akan terus mempercepat konstruksi sehingga infrastruktur dapat fungsional saat KTT ASEAN,” kata Normansjah. 

Konstruksi Pembangunan Promenade Marina Labuan Bajo Zona 4 dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) sejak Februari 2023 lalu dengan anggaran yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2023. 

Baca juga: KTT ASEAN Bakal Bahas Kesiapan dan Tantangan Negara Anggota di Masa Depan

“Lingkup pekerjaan meliputi pembangunan Promenade pada area dermaga Balai TNK, penataan area parkir Pelabuhan Labuan Bajo ASDP, dan Penataan Lanskap,” pungkas Normansjah. 

Kawasan Labuan Bajo Zona 4 sendiri meliputi area taman landscape seluas 2369,5 meter persegi (m2), area parkir kendaraan besar dan kecil, plaza landscape seluas 339 m2, promenade kawasan ASDP seluas 563,5 m2, jalan akses menuju dermaga seluas 982,5 m2, rumah genset, bangunan, serta lahan parkir motor umum. 

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Puncak Waringin yang diresmikan pada Oktober 2021, serta Waterfront Marina yang diresmikan Juli 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas