Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BPS Anggarkan Rp 3 Triliun Untuk Sensus Pertanian 2023, Sebanyak 196 Ribu Petugas Siap Bekerja

Sebagai informasi, Sensus Pertanian 2023 (ST2023) merupakan Sensus Pertanian ketujuh yang dilaksanakan BPS, sejak dimulai pada tahun 1963.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BPS Anggarkan Rp 3 Triliun Untuk Sensus Pertanian 2023, Sebanyak 196 Ribu Petugas Siap Bekerja
Yovan
Ilustrasi Sensus Pertanian 2023 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mempersiapkan anggaran sebesar Rp 3 triliun untuk Sensus Pertanian (ST) 2023.

Diketahui, ST 2023 akan dimulai pada 1 Juni mendatang hingga 31 Juli.

Selama kurang lebih dua bulan, BPS menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3 triliun untuk melakukan pendataan pada seluruh usaha pertanian di Indonesia.

Baca juga: Nilai Ekspor Melemah 17,62 Persen di April 2023, BPS Sebut Pola Musiman

Sekretaris Utama BPS Atqo Mardiyanto mengatakan, dana tersebut terbagi untuk 514 satuan kerja (satker).

Dana Rp 3 triliun tersebut akan terserap paling banyak untuk honor petugas, mengingat ada 196 ribu petugas yang tersebar dari pusat, provinsi, dan kabupaten kota.

"Kita ada 514 satker. Jadi dari pusat, provinsi, kabupaten kota itu anggaran total sekitar Rp 3 triliun," kata Atqo ketika diwawancara usai acara Apel Siaga ST2023 di kantor BPS, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023).

BERITA REKOMENDASI

"Jadi, sekitar Rp 3 triliun yang paling besar itu adalah untuk honor petugas. Karena petugasnya ada 196 ribu," lanjutnya.

Adapun jumlah honor yang diterima petugas di setiap wilayah akan berbeda. Mereka sebelumnya juga akan dikontrak terlebih dahulu.

Atqo menyebut, rentang honor yang didapat berada pada kisaran Rp 3 juta-Rp 4 juta. Ia mencontohkan petugas di Jakarta akan mendapatkan jumlah yang berbeda dibanding di daerah lain.

"Petugas nanti akan dikontrak. Ada yang satu bulan, ada yang dua bulan. Tentunya berdasarkan beban kerja. Nah itu sekitar Rp 3 juta-Rp 4 juta sebulan. Itu tentunya berdasarkan daerahnya. Kalau DKI sekitar Rp 4 juta. Tapi, di daerah yang biaya hidupnya rendah, itu sekitar Rp 3 juta," ujarnya.

Baca juga: Kuartal I 2023 Tumbuh 5 Persen, BPS: Ekonomi Indonesia Masih Stabil

Kemudian, untuk kepentingan keselamatan, BPS juga akan mengasuransikan para petugas dengan BPJS ketenagakerjaan.

"Nah untuk keselamatan, yang bisa kami lakukan adalah mengasuransikan mereka. Selama mereka bertugas, kami asuransikan. Dari BPJS," kata Atqo.

Sebagai informasi, Sensus Pertanian 2023 (ST2023) merupakan Sensus Pertanian ketujuh yang dilaksanakan BPS, sejak dimulai pada tahun 1963.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas