Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Fenomena El Nino Bulan Depan Perlu Diwaspadai, Bisa Picu Kenaikan Harga Pangan dan Inflasi 

Fenomena perubahan cuaca El Nino bisa memicu kekeringan yang bisa berdampak pada harga jual komoditas beras dan hortikultura.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Fenomena El Nino Bulan Depan Perlu Diwaspadai, Bisa Picu Kenaikan Harga Pangan dan Inflasi 
dok. Kementan
Fenomena perubahan cuaca El Nino bisa memicu kekeringan yang bisa berdampak pada harga jual komoditas beras dan hortikultura. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fenomena el nino diperkirakan akan terjadi di bulan depan tahun ini. dan perlu lebih mewaspadai karena fenomenca cuaca ini bisa memicu kekeringan dan minimnya curah hujan.

Hal demikian akan berpotensi meningkatkan jumlah titik api, sehingga makin meningkatkan kondisi kerawanan untuk terjadi kebakaran hutan dan lahan. 




"Kondisi ini tentunya akan mendorong terjadi gejolak peningkatan inflasi, yaitu inflasi pangan. Hal ini tentunya tidak hanya menjadi perhatian pemerintah, tapi juga mendapat perhatian bank sentral Indonesia," ujar  Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus melalui risetnya, Senin (26/6/2023). 

Bank Indonesia sebelumnya menyampaikan, tak menutup kemungkinan ini akan mendorong peningkatan harga (inflasi) sejumlah komoditas pangan yang kemudian bermuara pada peningkatan inflasi pangan bergejolak. 

Yang akan terkena dampak El Nino adalah komoditas beras, hortikultura dan komoditas lain yang biasa masuk ke kelompok pangan bergejolak. 

"Sehingga ini akan menjadi sebuah risiko akan kenaikan Inflasi kedepannya. Bank Indonesia diharapkan mempunyai strategi untuk menekan dampak inflasi dari fenomena el nino yang diharapkan hanya sementara waktu sampai badai berlalu," kata Nico.

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Harga Jagung Akibat El Nino, Industri Pakan Ternak Perlu Alternatif Bahan Baku

BERITA TERKAIT

Pasar juga berharap langkah-langkah strategis perlu dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi dampak lanjutan, khususnya kepada sektor-sektor yang sangat terdampak seperti sektor pertanian, terutama tanaman pangan semusim yang sangat mengandalkan air.

Baca juga: BMKG Peringatkan Dampak Terbesar Fenomena El Nino yang Diperkirakan Terjadi dalam 3 Bulan Ini

"Situasi saat ini perlu diantisipasi agar tidak berdampak pada gagal panen yang dapat berujung pada kekurangan stok pangan yang menyebabkan harganya mengalami kenaikkan yang akan memberikan dorongan terhadap Inflasi di masa yang akan datang. Cermati dan amati ya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas