Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gerakan Pangan Murah Serentak Diluncurkan Hari Ini di 301 Kabupaten dan Kota

Tujuan program Gerakan Pangan Murah untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen sehingga laju inflasi terjaga.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Gerakan Pangan Murah Serentak Diluncurkan Hari Ini di 301 Kabupaten dan Kota
Nitis Hawaroh
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Program Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 342 titik di 301 kabupaten/ kota seluruh Indonesia pada hari ini, Senin (26/6/2023).

Program ini diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Menurut Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, tujuan program GPM untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen sehingga laju inflasi terjaga.

"Launching GPM ini menjadi aksi nyata peran kita semua dalam menjaga inflasi pangan termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan mulai dari petani dan peternak," kata Arief dalam peluncuran GPM, di Jakarta Pusat, Senin (26/6).




Arief menyebutkan pada bulan Mei 2023, inflasi dalam negeri terjaga di level 4 persen year on year (YoY). Menurutnya hal ini turut disumbang lantaran harga pangan di tingkat konsumen terpantau stabil.

Arief mengatakan terjaganya tingkat inflasi juga karena dukungan semua pihak dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dan stakeholder dari hulu hingga hilir utamanya di bidang pangan.

Namun menurutnya ke depan tantangan pangan semakin berat karena ada perubahan iklim el-nino yang diprediksi akan berdampak pada penurunan produksi pangan dan adanya dampak konflik geopolitik global yang menyebabkan harga pangan dunia terfluktuasi.

Baca juga: Jokowi Tinjau Pasar Palmerah, Terkejut Harga Daging Ayam Tembus Rp 50.000 Per Kg

"Untuk itu, Badan Pangan hadir bersama dengan kementerian/lembaga dan stakeholder terkait untuk mengurai masalah pangan karena pangan merupakan urusan kita semua," ungkap Arief.

BERITA TERKAIT

Laporan reporter: Lailatul Anisah | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas