Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dorong Milenial Miliki Hunian, Perbankan Mudahkan Pengajuan KPR

Fidri Arnaldy mengatakan, hal ini didukung dengan transformasi Bank DKI yang memudahkan pengajuan KPR yang bisa dilakukan secara digital.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dorong Milenial Miliki Hunian, Perbankan Mudahkan Pengajuan KPR
Istimewa
Acara Literacy Series bertema ‘Milenial Punya Rumah? Ya Bisa” yang digelar secara virtual, Selasa (27/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kalangan milenial didorong untuk memiliki hunian dengan menekan pengeluaran yang bersifat konsumtif atau gaya hidup.

Untuk itu, dalam memudahkan kaum milenial miliki hunian, perbankan pun terus berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada nasabah terutama dalam memenuhi kebutuhan akan hunian.

Seperti Bank DKI yang mendukung untuk memberikan kemudahan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi milenial.

Baca juga: Platform KPR Digital Tanah Air Ini Raih Pendanaan Tahap Awal 3,5 juta Dolar AS




Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengatakan, hal ini didukung dengan transformasi Bank DKI yang memudahkan pengajuan KPR yang bisa dilakukan secara digital.

Menurutnya, perbankan harus memberikan layanan digital kepada nasabah untuk mengikuti perkembangan zaman yang telah didominasi oleh kaum milenial.

“Kaidahnya disini semua perbankan pada saat sekarang harus semuanya digital karena kita untuk mengcover semua perkembangan zaman dan juga banyaknya kaum milenial yang menguasai dan termasuk juga di posisi di struktur KPR kami 70 persen nya milenial,” ujar Fidri dalam Literacy Series bertema ‘Milenial Punya Rumah? Ya Bisa” yang digelar Infobank, Selasa (27/6/2023).

Ia mengungkapkan, Bank DKI sudah mempersiapkan melalui sinergi sesuai regulasi dari regulator dalam menawarkan produk dan layanan digital, seperti Kredit Multi Guna (KMG), KPR, dan KUR & Mikro.

BERITA TERKAIT

Tercatat, Bank DKI memiliki aplikasi JakOne Smart, yang layanannya akan menggunakan e-Form Digital. Sehingga, dalam pengajuan untuk lending atau kredit ataupun KPR semuanya bisa dilakukan secara digital.

“Kita didasarkan pengalaman dan pasar, kemudahan mengambil (KPR) lewat digital, kita bisa lihat transaksinya serta aplikasinya, kalau cocok ambil. Jangka waktunya (KPR) 25 tahun, kita sudah mengakomodir semua. Jadi bank pasti menciptakan produk yang diizinkan regulasi pasti dioptimalkan pasti mudah semua,” ucapnya.

Selain Bank DKI, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) juga terus memudahkan para milenial untuk memiliki rumah.

Baca juga: BTN Siap Gelar Akad Massal 10 Ribu Unit KPR

Namun demikian, memang masih terdapat beberapa alasan bagi milenial yang belum memiliki rumah, di antaranya adalah milenial belum menemukan rumah yang tepat dari sisi lokasi ataupun tipe rumah, kemudian milenial secara finansial, belum mampu membayar DP ataupun KPR.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo pun menjelaskan, SMF telah menyediakan produk pembiayaan bagi milenial dengan konsep Pembiayaan Perumahan Rent to Own (RTO).

“Skema sewa beli ini kelebihannya adalah nanti masyarakat itu menyewa dulu rumah tersebut, jadi kalau mereka berminat atau berkenan nanti mereka bisa konversi untuk membeli,” paparnya.

Terdapat dua jenis pilihan pembiayaan skema RTO tersebut, yang pertama adalah melalui pembelian langsung dengan KPR atau terus menyewa hingga periode tertentu dan selanjutnya rumah tersebut akan dihibahkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas