Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tingkatkan Daya Saing, Industri Didorong Terus Lakukan Inovasi

Industri dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, efisiensi dan produktivitas.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tingkatkan Daya Saing, Industri Didorong Terus Lakukan Inovasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi. IndoBuildTech 2023 expo yang akan digelar pada tanggal 5 hingga 9 Juli 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inovasi industri memainkan peran penting dalam meningkatkan daya saing suatu negara atau perusahaan dalam pasar global.

Dengan terus berinovasi, industri dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, efisiensi dan produktivitas, kualitas hidup, serta mendukung keberlanjutan lingkungan.




Vice Presiden PT Tatalogam Lestari (Tatalogam Group), Stephanus Koeswandi mengatakan, dalam era globalisasi dan persaingan yang ketat, perusahaan yang mampu berinovasi akan lebih mungkin untuk tetap relevan dan berkembang.

Baca juga: 80 Persen Lebih Alumni Kampus Vokasi Kementerian Perindustrian Terserap di Industri

"Kemudian dengan menciptakan teknologi dan proses baru yang ramah lingkungan, perusahaan juga dapat mengurangi dampak negatif terhadap planet bumi ini,” kata Stephanus ditulis Jumat (30/6/2023).

Menurutnya, dengan menciptakan produk dan layanan baru, perusahaan juga dapat meningkatkan nilai tambah yang mereka berikan kepada masyarakat.

Inovasi seperti ini juga dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan perusahaan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

BERITA TERKAIT

“Untuk itu dibutuhkan kolaborasi untuk saling memperkuat fundamental dari sebuah perusahaan. Kolaborasi dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, dalam konteks ini UMKM berbasis konstruksi, agar mereka bisa ikut mendukung upaya pemulihan ekonomi bangsa yang saat ini tengah bangkit pasca dilanda pandemi Covid-19,” terang Stephanus.

Karenanya, Stephanus berharap para pelaku UMKM dapat berperan aktif untuk mencari peluang dengan berinteraksi langsung dengan perusahaan-perusahaan konstruksi.

Salah satu caranya dengan menghadiri pameran-pameran, seperti IndoBuildTech 2023 expo yang akan digelar pada tanggal 5 hingga 9 Juli 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Di pameran tersebut, perusahaan konstruksi dan UMKM dapat mempelajari dan memilah produk-produk yang sudah memiliki standar hijau, sehingga ke depannya mereka dapat turut serta dalam upaya mencapai target zero emission di tahun 2050. Mereka juga dapat melihat berbagai inovasi baru yang dikeluarkan produsen-produsen dari berbagai Negara yang hadir.

“Di IndoBuildTech 2023 kali ini kami (Tatalogam Group) akan menampilkan berbagai inovasi produk serta Talkshow untuk memperkaya wawasan para pengunjung baik itu masyarakat umum, pelaku usaha industri konstruksi, maupun pelaku UMKM. Seluruh unit bisnis kami yang terlibat, sangat terbuka untuk bisa berkolaborasi dengan siapa saja,” tutur Stephanus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas