Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gelar ILLC 2023, Manajemen Prakerja Dorong Peningkatan Keahlian Sesuai Perkembangan Zaman

Selama ini masyarakat terpaku pada pembelajaran formal yang dilakukan di dalam kelas.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Gelar ILLC 2023, Manajemen Prakerja Dorong Peningkatan Keahlian Sesuai Perkembangan Zaman
HO
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari (kanan) saat konferensi Inclusive Longlife Learning di Grand Hyatt Bali, Senin (3/7/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan UNESCO Institute menggelar Inclusive Longlife Learning Conference (ILLC) di Hotel Grand Hyatt, Bali pada 3-6 Juli 2023.

Kegiatan ini mengangkat topik pembelajaran sepanjang hidup, mengingatkan belajar tidak terbatas pada mengenyam pendidikan formal, tetapi juga informal.

Kegiatan ILLC 2023 diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya terus belajar dan tingkatkan keahlian sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Program Kartu Prakerja Berlanjut Sampai 2024, Fokus pada Keahlian Khusus

Selama ini masyarakat terpaku pada pembelajaran formal yang dilakukan di dalam kelas.

Perlu kita sadari, orang dewasa dan pekerja juga perlu meningkatkan skill dan kemampuannya untuk mendukung usia produktifnya.

"Kita tahu bahwa pendidikan atau sektor pendidikan biasanya menginterpretasikan sebagai pendidikan formal, mulai PAUD hingga perguruan tinggi," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari dalam konferensi pers yang dikutip dari TribunnewsJakarta, Senin (3/7/2023).

"Tetapi setelah perguruan tinggi kita tidak melihat adanya upaya untuk meningkatkan learning buat orang dewasa, buat orang pekerja," lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

Denni mengungkakan, program Prakerja ini hadir sebagai bentuk upaya kelanjutan setelah menempuh pendidikan formal, yakni di usia produktif mulai 18 sampai 64 tahun.

"Karena itu program Kartu Prakerja merupakan orchestrated effort upaya kelanjutan dari pendidikan formal dari usia 18-64 tahun," kata Denni.

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas