Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Transaksi Pembayaran Online Via Payment Gateway Percepat Pertumbuhan Ekonomi Digital

Payment gateway memainkan peran kunci dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Transaksi Pembayaran Online Via Payment Gateway Percepat Pertumbuhan Ekonomi Digital
ADBI E-learning
Ilustrasi ekonomi digital 

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perekonomian digital Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan payment gateway (gerbang pembayaran) memainkan peran kunci dalam mempercepat pertumbuhan sektor ini.

Tercatat, sepanjang tahun lalu total nilai transaksi pembayaran online melalui payment gateway mencapai angka sekitar Rp2.000 triliun, meningkat sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.




Data ini menunjukkan tingginya adopsi pembayaran digital di berbagai sektor bisnis, seperti e-commerce, travel, dan layanan online lainnya, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan perekonomian digital secara keseluruhan.

Payment gateway juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Sekitar 80% dari total transaksi pembayaran online melalui payment gateway berasal dari UMKM.

Dengan adanya payment gateway yang mudah diakses dan terjangkau, UMKM dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya, sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian digital secara keseluruhan.

Chief Marketing Officer (CMO) PT Yukk Kreasi Indonesia, Agustino Ngo mengatakan, perusahaan sangat mendukung program pemerintah menuju digitalisasi.

BERITA TERKAIT

"Kami berharap dapat membantu seluruh UMKM di Indonesia untuk mendigitalisasi pembayaran di seluruh Indonesia dengan membuat campaign pembayaran lewat QRIS, sehingga transformasi digital dapat terwujud," kata Agustino ditulis Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Dorong Ekonomi Digital, Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa Digelar 2 Hari di Plaza GBK

Diketahui, dalam transaksi pembayaran online di Indonesia terdapat beberapa pilihan layanan payment gateway, di antaranya:

Doku

Menurut data statistik terbaru, Doku telah berhasil menarik lebih dari 10.000 bisnis sebagai mitra mereka selama tiga tahun terakhir.

Midtrans

Data statistik menunjukkan bahwa Midtrans telah memproses lebih dari 1 miliar transaksi selama periode tersebut. Jumlah ini mencerminkan tingginya tingkat adopsi dan kepercayaan yang diberikan oleh pengguna dan bisnis terhadap platform Midtrans.

Faspay

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas