Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rosan Roeslani, Wakil Menteri BUMN yang Pernah Keluhkan Dominasi BUMN di Banyak Sektor Bisnis

Rosan Roeslani pernah mengeluhkan dominasi BUMN di berbagai sektor bisnis di Tanah Air sehingga porsi swasta untuk menggarap pasar semakin kecil.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Rosan Roeslani, Wakil Menteri BUMN yang Pernah Keluhkan Dominasi BUMN di Banyak Sektor Bisnis
Bambang Ismoyo/Tribunnews.com
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani di Kantor Kementerian BUMN, Senin (17/7/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum KADIN yang juga Duta Besar RI di Amerika Serikat Rosan Roeslani sudah dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Istana, Senin, (17/7/2023). Dia menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Rosan akan bertugas mengoordinir perusahaan BUMN yang beberapa di antaranya bergerak di bidang perbankan, asuransi, perkebunan, konstruksi dan transportasi seperti PT Bank Rakyat Indonesia, Perkebunan Nusantara III, hingga PT Garuda Indonesia.

Saat dikonfirmasi, Rosan masih enggan membeberkan informasi lebih detail. "Itu nanti akan kita meeting lebih lanjut lagi, jadi belum di-fix kan apakah saya Wamen I atau II. Tapi nanti portfolio-nya akan lebih disesuaikan lagi," ungkap Rosan di Kementerian BUMN, Senin (17/7/2023).

Sebelum menjadi wakil menteri, Rosan Roeslani pernah mengeluhkan dominasi BUMN di berbagai sektor bisnis di Tanah Air sehingga porsi swasta untuk turut menggarap pasar semakin kecil.

Rosan menyampaikan hal tersebut ketika menjabat sebagai Ketua Umum KADIN di 2017 yang dia sampaikan langsung ke Presiden Joko Widodo. Rosan meminta Presiden memberikan ruang kepada swasta dalam menggarap proyek-proyek bisnis yang strategis.

"Kami melihat peran BUMN telah terlalu jauh dan sangat mendominasi. BUMN jumlah ada 118, tetapi dengan anak cucu, cicit hampir lebih 800-an, itu mengambil porsi swasta dan UMKM," ucap Rosan saat menutup Rakornas Kadin 2017 silam.

BERITA REKOMENDASI

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, arah transformasi Kementerian BUMN juga akan terus berlanjut dengan kehadiran Rosan. Erick menyebut, kapabilitas Rosan tidak perlu diragukan lagi dalam mengemban jabatan Wakil Menteri BUMN.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Wakil Menteri, Ini Tugas Rosan Roeslani di Kementerian BUMN

"Bapak Rosan Roeslani sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kredibilitas dan kapabilitasnya. Ia memiliki pengalaman sebagai seorang banker, Ketua KADIN Indonesia, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat sehingga diharapkan dapat mendorong strategi besar BUMN," ujarnya.

Baca juga: Daftar Wakil Menteri yang Dilantik Presiden Jokowi, Ada Pahala Mansury hingga Rosan Roeslani

Erick meyakini Rosan di sektor industri hingga jabatan terakhirnya sebagai Duta Besar AS akan memberikan warna baru dalam upaya transformasi BUMN ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas