Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tarif Fast Charging dan Ultrafast Charging SPKLU di Indonesia, Lengkap Beserta Lokasi Pengisiannya

Simak tarif dan lokasi pengisian kendaraan listrik SPKLU berteknologi Fast Charging dan Ultrafast Charging yang ada di Indonesia

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Tarif Fast Charging dan Ultrafast Charging SPKLU di Indonesia, Lengkap Beserta Lokasi Pengisiannya
Bambang Ismoyo
Berdasarkan SK Menteri ESDM Nomor 182.K/TL.04/MEM.S/2023 layanan pengsian daya SPKLU fast charging yakni dikenakan tarif maksimal Rp25 ribu.Sementara pengisian pada SPKLU ultrafast charging dipatok Rp57 ribu. 

TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah Indonesia resmi menetapkan tarif pengisian listrik pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Keputusan ini termuat dalam surat keputusan Menteri ESDM Nomor 182.K/TL.04/MEM.S/2023 tentang Biaya Layanan Pengisian Listrik pada SPKLU.

Dengan kebijakan tersebut, kini tarif pengisian daya listrik kategori fast charging dan ultrafast charging SPKLU yang disediakan oleh PT PLN akan dikenakan biaya energi saja tanpa biaya layanan

Sehingga, pengguna bisa menggunakan layanan pengisian daya listrik sesuai kebutuhan dengan biaya berbeda.

Apa itu SPKLU

Dilansir dari laman resmi PLN, SPKLU merupakan pengisian daya listrik pertama di Indonesia.

SPKLU sendiri awalnya dirilis untuk mendukung operasional kendaraan delegasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

BERITA TERKAIT

Pada kategori SPKLU fast charging, stasiun pengisian ini memiliki daya 7 Kw dan bisa mengisi daya mobil listrik dalam waktu dua hingga empat jam.

Untuk kategori Ultrafast charging, SPKLU ini memiliki 50 kilo Watt (kW) ini yang mampu mengisi penuh mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt hour (kWh) dalam waktu 30 menit.

Tak hanya itu Ultrafast charging juga dilengkapi fitur Simultan Charger sehingga dapat mengisi 2 unit kendaraan secara bersamaan.

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo.

Tarif SPKLU

Adapun besaran tarif yang dipatok Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk pengendara yang akan menggunakan layanan SPKLU fast charging yakni dikenakan tarif maksimal Rp25 ribu.

Sementara tarif pengisian pada SPKLU dengan teknologi ultrafast charging, dikenakan biaya maksimal sebesar Rp57 ribu.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas