Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jalankan Tiga Strategi Bisnis Berkelanjutan, UNVR Diganjar ESG Award 2023

Unilever Indonesia meraih ESG Award 2023 untuk kategori Best Emiten dari Yayasan KEHATI.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jalankan Tiga Strategi Bisnis Berkelanjutan, UNVR Diganjar ESG Award 2023
dok. Parapuan
Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menyabet penghargaan prestisius di bidang Environment, Social, dan Governance (ESG) pada kategori Best Emiten di sektor Capital Market dari Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen perusahaan tersebut dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan yang tinggi dan tata kelola perusahaan yang baik.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti menjelaskan, pihak memusatkan perhatian pada tiga pilar utama dalam mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan.

Strategi tersebut yaitu Meningkatkan Kesehatan Planet, Meningkatkan kesehatan, kepercayaan diri dan kesejahteraan masyarakat, serta Berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif.

Salah satu faktor penilaian dalam kategori Capital Market adalah skor ESG KEHATI yang tinggi, sebagai indikator emiten yang memiliki prinsip keberlanjutan tinggi dan menunjukkan inovasi dalam bidang ini.

“Menuju hari jadi Unilever Indonesia ke 90 di bulan Desember nanti, penganugerahan ESG Award 2023 dari Yayasan KEHATI ini menjadi buah manis dari keseriusan kami selama ini untuk turut mengatasi berbagai permasalahan lingkungan dan sosial, sambil terus memastikan akuntabilitas kami dalam hal investasi berkelanjutan berbasis ESG,” kata Ira dilansir Kontan, Rabu (9/8/2023).

BERITA TERKAIT

Dalam hal Environment (Lingkungan), kata Ira, pihaknya meraih apresiasi atas inisiatifnya dalam pengemasan berkelanjutan, pengurangan jejak karbon, pemanfaatan sumber daya berkelanjutan, dan manajemen limbah yang cermat.

Baca juga: Pacu Bisnis Berkelanjutan, Pembiayaan ESG Bank Mandiri Capai Rp242 Triliun di Semester I 2023

"Penghargaan ini mengakui pencapaian perusahaan dalam mengurangi penggunaan plastik, mengadopsi pertanian regeneratif, dan manajemen limbah yang terintegrasi dengan bank sampah di berbagai daerah," kata dia.

Dalam aspek Social (Sosial), ESG Award 2023 menggarisbawahi upaya perusahaan dalam mempromosikan praktik kebersihan, pentingnya gizi seimbang, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kampanye-kampanye mereknya.

Baca juga: Jaga Lingkungan, Perusahaan Tambang Didorong Kedepankan Prinsip ESG

Selain itu, penghargaan ini juga memperlihatkan komitmen perusahaan dalam menerapkan Equity, Diversity, and Inclusion baik dalam lingkungan kerja maupun dalam rantai pasokan dan distribusi perusahaan.

Di bidang Governance (Tata Kelola), lanjut Ira Noviarti, perusahaan yang telah beroperasi sejak tahun 1933 menunjukkan rekam jejak tata kelola perusahaan yang kuat dengan mendapatkan pengakuan dari berbagai instansi baik nasional maupun internasional.

Baca juga: Inisiatif SILO dalam Pengembangan ESG dan CSR di Daerah

"Unilever Indonesia telah meraih status 'Leadership in Corporate Governance' dari ASEAN Scorecard, peringkat A dalam MSCI ESG Rating, serta berbagai penghargaan lainnya seperti ASEAN Energy Award, ESG Disclosure Award, dan Green Initiative Award," kata dia.

Ira menyebut penghargaan ESG Award 2023 dari Yayasan KEHATI menjadi tonggak penting dalam perjalanan panjang perusahaan dalam mengambil peran proaktif dalam mewujudkan perusahaan yang berkelanjutan, berintegritas, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

“Pencapaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus maju bersama masyarakat Indonesia, dan memperkuat komitmen kami untuk tumbuh secara kompetitif, berkelanjutan, konsisten dan bertanggung jawab,” kata Ira. (*/)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas