Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Budi: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan 1 Oktober 2023

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditargetkan pada 1 Oktober 2023

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Menhub Budi: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan 1 Oktober 2023
Tangkapan Layar Kompas TV
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai rapat bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (14/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditargetkan pada Minggu (1/10/2023) mendatang.

"Launching insya Allah 1 Oktober, menentukan availability dari waktunya Presiden (Jokowi) tanggal 8 (September) Presiden ke India, enggak jadi (peresmian). Jadi tanggalnya ditentukan kemudian, jadi saat ini belum. Tetapi paling tidak tanggal 1 (Oktober) ada rencana," kata Menhub kepada wartawan di JCC Senayan, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Komisi V DPR Sebut Subsidi Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berpotensi Langgar Undang-Undang

Menhub Budi mengaku bahwa peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung ini memang mundur dari yang ditargetkan. Dia bilang pihaknya perlu hati-hati sebelum meresmikan transportasi tersebut.

"Bahwa nanti ada pengunduran enggak terlalu lama karena kita akan pastikan ini angkutan publik yang cukup mahal. Oleh karenanya kita harus hati-hati dan insya allah itu akan terjadi," jelasnya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi menjajal serangkaian uji coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) terus dilakukan jelang operasional secara komersil pada Oktober mendatang.

"Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023," ujar Menhub Budi dalam keterangannya, dikutip Minggu (3/9/2023).

BERITA REKOMENDASI

Selain mencoba kereta cepat, Menhub Budi juga mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung.

Baca juga: Kemenhub hingga Kementerian BUMN Kompak Bilang Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Ada Subsidi

Dia memastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya saling terhubung
sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan akses.

"Sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder," terangnya.

Adapun secara keseluruhan, Menhub Budi menyatakan bahwa akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom.

"Semuanya ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini," ungkap Menhub.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan Testing & Commissioning Kereta Api Cepat Jakarta Bandung menggunakan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB.
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan Testing & Commissioning Kereta Api Cepat Jakarta Bandung menggunakan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB. (KCIC)

Selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang. Diantaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun – Alun Bandung – Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St.

Padalarang –Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang – Cimahi –Leuwipanjang, dan rute Padalarang - Cimahi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas