Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Luhut: Kamu Harus Bangga Jadi Warga Indonesia, Semesta Berikan Banyak Energi Terbarukan Potensial

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia memiliki segudang energi terbarukan yang potensial.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Luhut: Kamu Harus Bangga Jadi Warga Indonesia, Semesta Berikan Banyak Energi Terbarukan Potensial
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi Petugas saat melakukan perawatan rutin panel surya 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia memiliki segudang energi terbarukan yang potensial.

Dengan demikian, ia meminta masyarakat bangga menjadi warga Indonesia karena banyak energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan.

"Indonesia sangat kompetitif karena kita mempunyai banyak potensi energi terbarukan. Kamu harus bangga menjadi orang Indonesia," kata Luhut dalam konferensi pers Indonesia Sustainability Forum, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Usai Terima Penghargaan GRC Anak Usaha BUMN Ini Langsung Kebut Program Transisi Energi

"Jadi, alam semesta memberimu ini (berbagai potensi energi terbarukan, red), tetapi kamu harus berkembang untuk memanfaatkannya," lanjutnya.

Luhut juga menyebut Indonesia harus menolak untuk diatur-atur oleh pihak lain. Luhut mengatakan, RI memiliki hak untuk memperjuangkan kepentingan sendiri.

Contohnya seperti saat ini Indonesia berencana mengekspor energi hijau. Katanya, hal itu baru akan terjadi apabila industri di dalam negeri sudah maju.

BERITA TERKAIT

"Kita sendiri yang harus rajin (mengembangkannya, red). Bukan orang lain yang mendikte kita. Jadi itulah pendirian pemerintah saat ini," ujar Luhut.

"Zamanmu harus seperti itu. Jangan biarkan orang mendikte anda, 'Indonesia harus seperti itu, tidak perlu ekspor,' tidak! Saya juga mempunyai hak untuk membela kepentingan saya. Kita harus memperjelasnya sebagai anak muda Indonesia," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas