Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sejumlah Delegasi akan Berlibur ke Bali hingga Labuan Bajo Usai KTT ASEAN di Jakarta

Sejumlah delegasi ASEAN akan memperpanjang masa tinggal di Indonesia usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta.

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sejumlah Delegasi akan Berlibur ke Bali hingga Labuan Bajo Usai KTT ASEAN di Jakarta
Agus Suparto/Istana Kepresiden.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sejumlah delegasi ASEAN akan memperpanjang masa tinggal di Indonesia usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta. Foto saat Presiden Jokowi dan para Pemimpin Negara ASEAN menikmati senja di atas kapal pinisi, Labuan Bajo, Rabu, (10/5/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sejumlah delegasi ASEAN akan memperpanjang masa tinggal di Indonesia usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta.

Para delegasi itu akan berlibur ke Bali dan Labuan Bajo.

Baca juga: Siapa Saja yang Sudah Datang ke KTT ASEAN dan Apa yang Dibicarakan Sejauh Ini?




"Sebagian dari delegasi ada yang memperpanjang ke Bali, ada juga yang ke Labuan Bajo," kata Sandiaga kepada wartawan di JCC, Kamis (7/9/2023).

Sandi menyampaikan, salah satu delegasi atau tamu negara yang akan berlibur usai perhelatan KTT adalah Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia (WEF) Klaus Schwab.

Sandiaga mengatakan Klaus ingin ke Labuan Bajo.

"Jadi ini harapannya memang begitu. Mereka enggak hanya ke Jakarta, tapi juga memperpanjang kunjungannya dengan mendatangi destinasi-destinasi wisata lainnya," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Sandi mengaku, ia sebetulnya sudah mengarahkan delegasi untuk berlibur ke lima destinasi prioritas.

Namun, rata-rata tamu negara memilih berlibur ke Bali dan ke Labuan Bajo.

Baca juga: Jakarta Macet Parah Imbas Penutupan Sejumlah Ruas Jalan Karena KTT ASEAN, Polri Minta Maaf

"Tapi nanti kita minta selain ke Bali, bisa ke Labuan Bajo, ke Borobudur, Lombok, atau misalnya kalau lebih jauh lagi ke Danau Toba atau Likupang," pungkas Sandi.

Diketahui, KTT ASEAN 2023 dihadiri 22 negara, yakni 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas