Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Listrik Padam di Bandara Soekarno-Hatta, Pedagang Disebut Paling Terdampak Dibanding Penerbangan

Padamnya listrik di Bandara tersibuk di Indonesia ini tak terlalu berdampak signifikan terhadap operasional penerbangan.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Listrik Padam di Bandara Soekarno-Hatta, Pedagang Disebut Paling Terdampak Dibanding Penerbangan
Nitis Hawaroh
Ilustrasi. PT Angkasa Pura II menyatakan, pasokan listrik di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten sempat mengalami gangguan sejak Senin (18/9/2023) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasokan listrik dari Power Station 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 area internasional sempat mengalami gangguan pagi tadi.

Namun, pada pukul 08.35 WIB, pasokan listrik kembali normal.

Meskipun demikian, hal ini menjadi sorotan masyarakat, salah satunya Pengamat Penerbangan, Gerry Soejatman.

Baca juga: Listrik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Padam, AirNav Pastikan Tak Ganggu Penerbangan

Dirinya mengatakan, padamnya listrik di Bandara tersibuk di Indonesia ini tak terlalu berdampak signifikan terhadap operasional penerbangan.

Pasalnya, kejadian padamnya listrik tak berlangsung lama.

"Yang sempat padam kan hanya Terminal 3 yang bagian Internasional. Untungnya pada saat kejadian tidak banyak jadwal keberangkatan dari T3 Internasional, jadi tidak mengakibatkan gangguan jadwal yang parah," ungkap Gerry kepada Tribunnews, Senin (18/9/2023).

BERITA TERKAIT

Berdasarkan pantauannya pada pagi tadi, keberangkatan Internasional tidak ada yang mengalami delay yang signifikan, terkecuali pukul 09.30 WIB dan 10.30 WIB.

Dimana ada beberapa flight yang mengalami delay tetapi tidak melampaui 1 jam.

Kejadian yang terjadi ini, menurut Gerry, harus menjadi bahan evaluasi PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara tersebut.

"Pembenahan T3 terus berjalan dari sejak dibuka, namun sepertinya memang perjalanan masih jauh untuk bisa dianggap beres," papar Gerry.

Ia juga mengungkapkan, tak hanya calon penumpang penerbangan pesawat, para pedagang retail di Terminal 3 Bandara juga merasakan dampak dari padamnya listrik.

"Yang kasihan sih tenant yang gak bisa jualan, apalagi yang food and beverage (mesin kasir mati), kan mereka kalau pagi lumayan ramai, dan penumpang yang datang pada bingung kok gelap?" pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, PT Angkasa Pura II menyatakan, pasokan listrik di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten sempat mengalami gangguan sejak Senin (18/9/2023) pagi.

"Pagi ini diketahui pasokan listrik dari Power Station 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 area internasional sempat mengalami gangguan," kata Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi dalam keterangannya, Senin.

Dikatakan Holik, pasokan listrik yang mengalami gangguan hanya di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan pasokan listrik ke Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 area domestik normal sejak pagi tidak mengalami gangguan.

Dia bilang, unit terkait kemudian melakukan pemulihan pasokan listrik untuk ke Terminal 3 area internasional, dan kini pasokan listrik sudah normal sejak pukul 08.35 WIB.

"Kami memohon maaf kepada penumpang pesawat, airlines, pengguna jasa bandara, mitra usaha dan semua stakeholder bandara," terangnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas