Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sri Mulyani Ungkap Kesan Awal Pertemuan Dengan Jokowi Saat Jadi Wali Kota Solo

Pemerintah menyalurkan transfer dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diberikan kepada suatu daerah sebagai bentuk penghargaan atas kinerja

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sri Mulyani Ungkap Kesan Awal Pertemuan Dengan Jokowi Saat Jadi Wali Kota Solo
Nitis Hawaroh/Tribunnews.com
Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam acara Penghargaan Daerah Penerima Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan 2023 di Gedung Juanda 1, Jakarta Pusat Selasa (3/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pertemuan awal dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ketika menerima penghargaan alokasi insentif fiskal yang kala itu Presiden masih menjadi Wali Kota Solo pada 2006 silam.

Sri Mulyani bilang, pemerintah menyalurkan transfer dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diberikan kepada suatu daerah sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian kinerja tertentu dalam bidang tata kelola keuangan daerah melalui Dana Insentif Daerah (DID).

"Kita mendesain Dana Insentif Daerah ini yang menjadi insentif fiskal karena memang feedback dari banyak, yang saya inget feedback dari Presiden Jokowi," kata Sri Mulyani dalam acara Penghargaan Daerah Penerima Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan 2023 di Gedung Juanda 1, Jakarta Pusat Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Pemerintah Tingkatkan APBN Program Perlinsos Demi Bantu Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

"Kan Presiden Jokowi waktu pertama kali ketemu sama saya, bilang 'saya ketemu sama bu Menteri Keuangan Tahun 2006 waktu saya mendapatkan insentif fiskal sebagai Wali Kota Solo," imbuhnya.

Menurut Sri Mulyani, kinerja Presiden Jokowi pada saat menjabat sebagai Wali Kota Solo itu dinilai bagus hingga menjadi Presiden RI. Sehingga dia bilang tak menutup kemungkinan bahwa hal itu bisa terjadi bagi para penerima penghargaan kali ini.

"The first waktu itu beliau yang kinerjanya bagus pada awal, dan sekarang jadi Presiden. Bapak-bapak yang jadi juara jangan give up, suatu saat mungkin bisa jadi kaya Pak Jokowi," ungkap dia.

BERITA REKOMENDASI

"Itu serius, itu bener-bener, jadi beliau (Jokowi) sangat lihat dan feedbacknya ternyata kalau diberikan penghargaan waktu itu masih sangat kecil. Karena itu semuanya adalah indikatornya menjadi satu sehingga daerah bisa dapet waktu itu Rp 10 miliar untuk Kabupaten/Kota," imbuhnya .

Terakhir Sri Mulyani menegaskan bahwa 15.000 daerah yang akan diberikan penghargaan desa dalam bentuk uang itu diharapkan bisa menginspirasi untuk daerah lainnya.

"Sekarang ditambah juga tadi 15.000 lebih desa yang akan diberikan penghargaan desa dalam bentuk uang. Sehingga tadi dapet foto di viralkan dapet uang, dan punya harapan bisa menjadi kaya Presiden Jokowi nantinya. Kami berharap untuk daerah daerah yang terus mengukirkan prestasi bisa menjadi inspirasi," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas