Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menimbang Siapa Sosok Yang Tepat Gantikan SYL Jadi Mentan, Ini Kata Perhimpunan Petani

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin membeberkan sosok yang tepat untuk mengisi kursi Mentan.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menimbang Siapa Sosok Yang Tepat Gantikan SYL Jadi Mentan, Ini Kata Perhimpunan Petani
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis petang, (5/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan mundur dari kursi Menteri Pertanian RI (Mentan). Mundurnya SYL ini digadang sebagai buntut adanya dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang turut menyeret nama SYL.

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin membeberkan sosok yang tepat untuk mengisi kursi Mentan.

Menurutnya, untuk waktu dekat alangkah baiknya dijabat oleh Menteri teknis yang membawahi Kementerian Pertanian. Dalam hal ini, Airlangga Hartarto yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca juga: Mentan SYL Menghadap Presiden Jokowi di Istana, Ungkap Alasan Mundur dari Menteri Pertanian

Bustanul mencontohkan, hal seperti ini pernah terjadi saat Menteri Komunikasi dan Informatika yaitu Johnny G Plate yang tersandung kasus kasus korupsi, dan kemudian digantikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan yakni Mahfud MD.

"Kalau sekarang Plt (Pelaksana Tugas) dulu deh, yaitu Plt Kementerian Koordinator yang berhak. Ingat waktu kasus sebelumnya Menkominfo kalau enggak salah, Plt nya Pak Mahfud untuk sementara," ucap Bustanul Arifin di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Ia melanjutkan, penunjukkan Airlangga menjadi Menteri Pertanian karena dirinya telah mengetahui detail pekerjaan dan target-target Kementerian Pertanian.

BERITA REKOMENDASI

Diketahui, Kementan memiliki tugas yang cukup berat akhir-akhir ini. Salah satunya memperbaiki produksi komoditas pangan di tengah adanya fenomena El Nino.

"Jadi dibiarkan dulu, supaya tidak shock, karena itu penting ada beberapa agenda yang harus diteruskan," papar Bustanol.

"Menurut saya, 2 atau 3 bulan Pak Airlangga yang paling berhak, mau tidak mau kan. Setidaknya sampai tahun ini, dan program-program diteruskan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan mundur dari kursi Menteri Pertanian RI (Mentan).

Baca juga: Kenakan Batik Kuning dan Bawa Map Bergambar Burung Garuda, Mentan SYL Muncul di NasDem Tower

Mundurnya SYL ini digadang sebagai buntut adanya dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang turut menyeret nama SYL.

"SYL mundur (dari Mentan) iya," kata Sahroni kepada awak media di NasDem Tower, Kamis (5/10/2023).

Meski begitu, anggota Komisi III DPR RI itu menyatakan, mundurnya seorang menteri itu harus didasari oleh surat yang diajukan.

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin.
Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin. (Bambang Ismoyo/Tribunnews.com)

Sementara kata dia, surat tersebut seharusnya diberikan oleh SYL ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tadi siang.

Akan tetapi, kabarnya kata dia belum terlaksana.

"Tapi belum tahu dia mau ngajuin suratnya kapan, mau tadi harusnya tadi," ujar dia.

Kata Sahroni, SYL juga sudah secara langsung berbicara ke Surya Paloh untuk mundur dari kursi Menteri Pertanian.

"Iya iya sudah ngomong. Tadi pagi," tukas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas