Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Soal Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, AP II: Ada Opsi Baru, Revitalisasi Menyeluruh

PT Angkasa Pura II mengungkap kabar terbaru menyoal rencana pembangunan terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Soal Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, AP II: Ada Opsi Baru, Revitalisasi Menyeluruh
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II mengungkap kabar terbaru menyoal rencana pembangunan terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta.

Terbaru, AP II menyatakan opsi baru yaitu melakukan revitalisasi secara menyeluruh di terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.




"Kalau dulu kan cuman satu pertimbangannya cuman menambah terminal baru, namanya terminal 4. Nah sekarang ada dua, yang kedua adalah dengan menghitung penambahan kapasitas dengan merevitalisasi terminal," kata Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin kepada wartawan di kawasan Bandung, dikutip Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Lowongan Kerja KAI Bandara untuk Lulusan S1, Pendaftaran Dibuka hingga 2 November 2023

Awaluddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji kedua rencana tersebut untuk menentukan opsi mana yang akan dipilih.

"Kalau kita melakukan dengan revitalisasi terminal existing, berarti perhitungannya harus matang. Kenapa, karena kita merevitalisasi terminal yang sedang dalam beroperasi," kata Awaluddin

Terkait keputusan akhirnya, Awaluddin bilang akan ditentukan setelah Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Angkasa Pura II pada November 2023.

BERITA TERKAIT

"Jadi keputusan kita melakukan revitalisasi dan penambahan terminal 4 ya kita akan putuskan di RKAP tapi kajiannya sudah selesai lah karena pengajuan RKAP bulan depan kita harus finalkan," ungkap dia.

"Kan November kita masuk budget proposal kita, terus kemudian disetujui disepakati diketok ya melalui keputusan internal ya jalan. Apapun itu," imbuhnya.

Sebelumnya Awaluddin mengatakan, saat ini progres dari pembangunan terminal 4 Bandara Soetta pihaknya telah mengantongi dua konteks desain.

"Kami sudah siap untuk 2 konteks desain terminal, jadi pertama yang kami sebut adalah konseptual desain, yang kedua basic desain. Nah yang sedang kami lakukan adalah untuk mempersiapkan detail engineering desain," kata Awaluddin di Kawasan Jakarta Pusat, dikutip Selasa (13/6/2023).

Baca juga: Dukung Sektor Pariwisata Dekat Bandara Kertajati, AP II dan InJourney Kembangkan Situ Cipanten

Awaluddin mengatakan, desain engineering untuk terminal Bandara Soekarno-Hatta sedianya dilakukan bersama calon mitra yang akan bekerja sama dalam pembangunan tersebut.

"Jadi kalau secara desain (engineering) sudah siap dan kami juga menunggu arahan untuk kemudian seperti apa teknis pelaksanaannya," sambungnya.

Adapun rencana pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta diprediksi mampu menambah kapasitas hingga 45 juta pergerakan penumpang per tahun.

"Mudah-mudahan ini adalah satu upaya untuk menambah kapasitas, terminal kapasitas yang nanti maksimal bisa kita harapkan untuk ada penambahan sekitar 45 juta pergerakan penumpang di terminal 4," tegas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas