Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penuhi Kebutuhan Methanol, Humpuss Maritim Internasional Beli Kapal Tanker Senilai 6 Juta Dolar AS

Kapal dengan 8,821 DWT tersebut, bernilai 6,0 juta dolar AS, di mana perseroan menargetkan dapat membeli 3 kapal pada tahun ini.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Penuhi Kebutuhan Methanol, Humpuss Maritim Internasional Beli Kapal Tanker Senilai 6 Juta Dolar AS
dok. HUMI
Kapal tanker pengangkut minyak dan petrokimia milik PT Humpuss Maritim Internasional 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) melakukan penambahan armadanya dengan pembelian kapal Oil & Chemical Tanker yang akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni methanol.

Kapal dengan 8,821 DWT tersebut, bernilai 6,0 juta dolar AS, di mana perseroan menargetkan dapat membeli 3 kapal pada tahun ini.

Direktur Utama HUMI, Tirta Hidayat mengatakan, pembelian kapal Oil & Chemical Tanker tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi perseroan dalam memenuhi kebutuhan methanol yang terus meningkat.

Baca juga: IPO di Bursa Efek Indonesia, Humpuss Maritim Targetkan Dana Segar Rp 270 Miliar

Menurutnya, peningkatan permintaan terhadap methanol merupakan dampak dari diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, dimana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30 persen (B30) menjadi 35% (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, methanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat.

“Selain itu, bukan hanya methanol yang menjadi 'driver' sektor kimia atau chemical ini. Berkembangnya industri nikel yang akan meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan caustic soda dan asam sulfat. Caustic soda dan asam sulfat ini sangat dibutuhkan oleh pabrik smelter dan juga pabrik baterai di Indonesia," kata Tirta ditulis Minggu (12/11/2023).

“Dengan demikian, PT PCS Internasional (PCSI) selaku anak usaha dari HUMI telah memiliki enam unit kapal chemical yang akan mendorong pertumbuhan bisnis Perseroan,” sambung Tirta.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya, sektor bisnis angkutan petrokimia domestik khususnya angkutan methanol telah mencatatkan kinerja positif selama tiga tahun terakhir karena terjadi lonjakan muatan FAME terkait kebijakan pemerintah terhadap penggunaan Biosolar (B30) yang cukup signifikan.

Tirta juga menyampaikan penambahan kapal ini akan menjadi katalis positif untuk pertumbuhan yang berkesinambungan Perseroan terutama dalam lini bisnis Oil & Chemical.

“Di tahun 2023, melalui transformasi organisasi, Perseroan mengutamakan untuk menjaga pertumbuhan Pendapatan secara terkonsolidasi. Namun, melihat tren yang ada saat ini, peningkatan yang sangat signifikan akan diperoleh dari segmen usaha Oil & Chemical, dimana diperkirakan menjadi double dalam 5 tahun yang akan datang” kata Tirta.

Dengan adanya perkembangan armada ini, lerseroan optimis dapat mencapai peningkatan laba bersih sebesar 20 persen menjadi 13,1 juta dolar AS untuk 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas