Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penuhi Energi Listrik Ramah Lingkungan, PLTS Atap Berkapasitas 3,5 MWp Mulai Dibangun

Investasi Hijau Selaras dan PLN Icon Plus membangun PLTS Atap berkapasitas 3.5 Megawatt Peak (MWp).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Penuhi Energi Listrik Ramah Lingkungan, PLTS Atap Berkapasitas 3,5 MWp Mulai Dibangun
dok.
Ilustrasi PLTS atap. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Investasi Hijau Selaras (Hijau) dan PLN Icon Plus membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau Rooftop Solar PV berkapasitas 3.5 Megawatt Peak (MWp).

PLTS Atap tersebut dibangun untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik pada empat lokasi PT CJ Feed and Care Indonesia yaitu Serang, Semarang, Jombang, dan Lampung.

Direktur PT CJ Feed and Care Indonesia, Mr Han Se Yoon, menyampaikan dengan pembangunan PLTS Atap, perseroan dapat berpartisipasi dalam pengelolaan Environmental, Social, and Governance (ESG) secara baik, meski sedang berada di bawah kesulitan kondisi ekonomi global.

Baca juga: Wika Beton Segera Operasikan 2 Pabrik Baru Bertenaga PLTS Atap di Bogor dan Majalengka

Menurutnya, pembangunan dan pemasangan sistem PLTS Atap ini juga sebagai upaya PT CJ Feed and Care Indonesia dalam mendukung Paris Agreement untuk mereduksi emisi karbon dan memberikan dampak positif terhadap perubahan iklim dunia.

"Kami, berkomitmen terus memperluas pemakaian energi terbarukan melalui pengelolaan ESG secara berkelanjutan,” kata Han Se Yoon ditulis Rabu (29/11/2023).

Direktur Utama Hijau, Victor Samuel mengungkapkan, dewasa ini kesadaran dunia usaha pada tingkat global tak terkecuali Indonesia dalam pemanfaatan energi bersih serta ramah lingkungan bagi operasional bisnisnya semakin tinggi.

Ini artinya, kata Victor, kebutuhan masyarakat terhadap PLTS Atap akan terus bertambah.

BERITA REKOMENDASI

“Untuk menjawab kebutuhan tersebut kami berkolaborasi dengan PLN Icon Plus menyediakan solusi pembangunan PLTS Atap, seperti di kawasan PT CJ Feed and Care Indonesia yang berkapasitas 3,5 MWp,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata, Terbesar Ketiga di Asia Tenggara

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat mengakui, kendati demand-nya sudah ada dari pengguna listrik PLN, tetapi inovasi model bisnis yang diharapkan menjadi solusi atas tingginya investasi penyediaan energi bersih merupakan tantangan tersendiri bagi perseroan.

Karena itu, PLN Icon Plus sendiri terus membangun kolaborasi-kolaborasi dengan komunitas, pengelola, kawasan, developer untuk mem-bundling satu kesatuan solusi yang diberi nama “Smart & Green”.

"Kolaborasi ini juga menjadi suatu solusi bagi PT CJ Feed and Care Indonesia sekaligus membuka peluang-peluang bisnis ke depan, yaitu pengembangan PLTS Atap dalam skala besar dengan lingkup yang lebih lebar,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas