Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pebisnis Taiwan Garap Sektor Manufaktur Indonesia, Nilai Ditaksir 3 Miliar Dolar AS

Sektor manufaktur nasional menjadi pasar potensial bagi eksportir Taiwan yang berbisnis di Indonsia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pebisnis Taiwan Garap Sektor Manufaktur Indonesia, Nilai Ditaksir 3 Miliar Dolar AS
handout
CEO of Elite Air Compressor Mr. Han Lin saat memaparkan presentasi di Paviliun Taiwan Smart Manufacturing 2023.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor manufaktur nasional menjadi pasar potensial bagi eksportir Taiwan yang berbisnis di Indonsia. Hala ini terlihat dari puluhan perusahaan serta produk-produk manufaktur cerdas asal Taiwan yang ikut meramaikan gelaran pameran Manufacturing Indonesia 2023.

Even ini diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, 6-9 Desember 2023.




Hal tersebut menunjukkan komitmen Taiwan dalam mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia yang mendukung transisi dari sistem manufaktur industri konvensional kepada sistem industri yang ramah lingkungan.

Sebagai negara eksportir peralatan mesin terbesar kelima di dunia, Taiwan memainkan peran penting dalam mendukung rantai pasokan industri Indonesia untuk meningkatkan upaya kinerja Indonesia dalam tren tersebut.

Pada tahun 2022, nilai ekspor peralatan mesin Taiwan mencapai 3,02 miliar dolar AS, meningkat setiap tahun sebesar 8,6 persen.

Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok peralatan mesin pintar terbesar untuk pasar Indonesia.

BERITA TERKAIT

Pada tahun 2022, Taiwan mengekspor peralatan mesin pintar senilai 35 juta dolar AS ke Indonesia, menjadikan Taiwan sebagai salah satu sumber impor mesin bagi Indonesia.

Masih banyak ruang untuk peningkatan, karena Indonesia terus meningkatkan produksi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan yang turut meramaikan pameran tersebut yakni Elite Air Compressor yang memperkenalkan Air Levitation Air Compressor’ mutakhir mereka di Manufacturing Indonesia 2023.

Kompresor ini mengubah pengoperasian kompresor udara tradisional dengan desain kepala inovatif, meningkatkan efisiensi energi, efektivitas operasional, dan ketahanan.

Baca juga: Isi Kesenjangan Pasar Domestik, Taiwan Trade Mission to ASEAN 2023 Digelar di Tiga Kota

“Dari apa yang saya lihat, karena Indonesia punya populasi yang besar dan yang paling bersinar di Asia Tenggara. Di dalam 2 tahun mungkin kita akan ke Vietnam, tapi di 10 tahun ini Indonesia memiliki nilai yang sangat baik seperti infrastruktur, jalan raya, kereta cepat, bandara dan lain sebagainya," kata  CEO of Elite Air Compressor, Mr. Han.

"Jadi di dalam beberapa tahun kita bisa melihat kesempatan yang lebih besar. Sebenarnya kita sudah ada di pasar lokal dan apa yang kita lakukan adalah menjual dengan harga Asia,” lanjutnya.

Baca juga: AS Kembali Gertak China, Ajak Filipina Patroli Bersama di Perairan Taiwan

Sebanyak lebih dari 50 perusahaan Taiwan yang bergerak di bidang industri hadir di pameran Manufacturing Indonesia 2023.

Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung yang mengunjungi Paviliun Taiwan Smart Manufacturing (Hall A3, Stand No. 3216) mencapai lebih dari 500 orang selama 4 hari pameran.

Sebanyak lebih dari 30 media ikut meliput Paviliun Taiwan dalam pameran tahunan yang diselenggarakan di Manufacturing Indonesia 2023. Terdapat 3 asosiasi yang menyelenggarakan Paviliun Taiwan di pameran Manufacturing Indonesia 2023 ini, antara lain Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), Taiwan Machine Tools Builders Association (TMBA) dan Taiwan Fluid Power Association (TFPA).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas