Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jalin Dukung Perbankan Antisipasi Lonjakan Transaksi Keuangan Selama Libur Natal-Tahun Baru

Bank Indonesia (BI) memprediksi selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 akan terjadi peningkatan uang yang beredar 6-8 persen dari kebutuhan.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jalin Dukung Perbankan Antisipasi Lonjakan Transaksi Keuangan Selama Libur Natal-Tahun Baru
HO
Direktur Operations PT Jalin Pembayaran Nusantara, Argabudhy Sasrawiguna. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Jalin Pembayaran Nusantara, perusahaan pengelola jaringan ATM Link bagian dari holding BUMN Danareksa mengambil langkah antisipatif menghadapi lonjakan transaksi keuangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Bank Indonesia (BI) memprediksi selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 akan terjadi peningkatan uang yang beredar 6-8 persen dari kebutuhan periode harian.




Hal tersebut menjadi perhatian mengingat aktivitas libur akhir tahun juga mendekati momen Pemilu serta persiapan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Perhatikan Keselamatan Bertransportasi Lewat Cara-cara Berikut

Direktur Operations Jalin, Argabudhy Sasrawiguna, memproyeksikan lonjakan transaksi akan terjadi mulai 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Jalin telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mempersiapkan dukungan operasional terhadap penyelenggaraan infrastruktur sistem pembayaran, termasuk pengelolaan transaksi keuangan melalui jaringan LINK, seperti di kanal ATM & CRM, Debit, serta kanal digital mobile banking, QRIS Domestik, dan Antarnegara," ujarnya dikutip Jumat, 15 Desember 2023.

Dia menjelaskan, mengantisipasi lonjakan transaksi tersebut, Jalin mengimplementasikan aspek operational excellence dengan strategi pemenuhan layanan yang mencakup optimalisasi monitoring center, peningkatan kapasitas infrastruktur, analisis historis, serta strategi mitigasi dan pemulihan ketika menghadapi bencana alam.

BERITA TERKAIT

Kesiapan Jalin dalam mendukung operasional bank dan fintech selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 tercermin lewat mitigasi risiko dan analisa data berbasis historis.

"Melalui implementasi pemantauan secara real-time, Jalin dapat mendeteksi secara cepat anomali transaksi yang timbul agar tindakan pemulihan dapat segera dilakukan," ujarnya.

Selain itu, dengan model analisa data berbasis pemantauan historis, Jalin juga dapat memprediksi serta merencanakan kapasitas yang dibutuhkan untuk mengelola lonjakan transaksi selama periode Nataru.

Pihaknya juga menyiapkan Posko 24/7 untuk melayani kebutuhan seluruh member perbankan dan fintech, dengan harapan setiap isu operasional dapat segera ditangani dengan cepat dan tepat.

"Kami juga memperkuat keterlibatan kami dengan menyediakan dedicated liason untuk mendukung penuh setiap member dengan tujuan memastikan terwujudnya transaksi yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama menikmati liburan Nataru tahun ini" ungkap Argabudhy.

Berdasarkan data BI, selama Oktober 2023 peningkatan nilai transaksi Uang Elektronik (UE) mencapai 17,67 persen year on year dengan nilai total Rp41,71 triliun.

Sementara itu, nilai transaksi digital banking juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 15,57 persen yoy dengan total Rp5.118,89 triliun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas